Makam Nabi Ilyasa dan Zulkifli

20:19:00

"Kota Diyarbakır disebut juga sebagai kota para nabi (peygamberler şehri), selain Urfa."

Lokasi makam Nabi Ilyasa dan Zulkifli berada di Kabupaten Eğil, Diyarbakır, Turki tenggara. Makam beliau bersama beberapa makam sahabat nabi lainnya bersemayam di sebuah pegunungan di Diyarbakır utara. Memang tak mudah mencapai lokasi ini. Selain berada di atas perbukitan, jalan untuk akses angkot pun sekitar 4 km. Untung saya menjadi otostopçu (hichhicker) yang bisa numpang angkotan orang-orang pergi-pulang ziarah atau mereka yang baru datang dari ladang di mana mereka bertani. 
[Para Peziarah Menuju Makam]
[Pintu Masuk Laki-Laki]
[Makam Nabi Ilyasa dan Zulkifli]
[Masjid dan Makam]
[Jalan Menuju Masjid dan Makam]
[Air Dam dari Aliran Sungai Tigris]
Tepat di dekat makam itu, bendungan air dam yang dialiri Sungai Tigris membentang indah. Tak pernah sepi dari pengunjung, tetapi juga tak terlalu ramai seperti di makam-makam lain di kota-kota besar di Turki. Kota Diyarbakır disebut juga sebagai kota para nabi (peygamberler şehri), selain Urfa. Karena konon daratan terjal ini telah menjadi kuburan para sahabat nabi terbanyak setelah Mekah dan Madinah.
Foto diambil tanggal 13 Agustus 2014


Bernando J. Sujibto
Penulis dan Mahasiswa Pascasarjana Sosiologi di Selcuk University, Konya Turki dan penikmat karya-karya Orhan Pamuk. Twitter @_bje.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »