Pengalaman Beasiswa YTB

13:36:00

"Ikuti prosedurnya dengan benar dan hati-hati!"

[YTB 2016]
Untuk kuliah di luar negeri, atau istilah kerennya study abroad, dapat dilakukan melalui beberapa cara: Biaya orang tua, Biaya sendiri (sembari kerja paruh waktu/part-time job), Student loan dan 
Beasiswa!

Baiklah. Seperti judulnya, saya akan memposting salah satu cara bersekolah di luar negeri, yaitu melalui beasiswa. Beasiswa yang saya bicarakan adalah Türkiye Bursları, beasiswa kuliah di Turki untuk mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. Namun, ini bukan satu-satunya beasiswa untuk kuliah di Turki ya…

Türkiye Bursları merupakan beasiswa dari Pemerintah Turki untuk pelajar internasional yang berniat melanjutkan studi jenjang S1 (program sarjana), S2 (program master), ataupun S3 (program doktoral) di Turki. Untuk program S1, lamanya adalah 5 tahun dengan 4 tahun kuliah sesuai jurusan pilihan dan 1 tahun persiapan bahasa Turki. Untuk program S2, lamanya adalah 3 tahun dengan 2 tahun kuliah sesuai jurusan pilihan dan 1 tahun persiapan bahasa. Sedangkan untuk program doktoral lamanya sama seperti program S1 (5 tahun).

BEASISWA INI BERSIFAT FULL SCHOLARSHIP, MENCAKUP:

a. Uang saku bulanan
Jumlah uang saku untuk mahasiswa program sarjana, master, dan doktoral adalah berbeda. Sarjana 600 TL, master 850 TL, dan doktoral 1200 TL. Untuk merupiahkan, silahkan klik di sini. Uang saku di sini hanya untuk kebutuhan pribadi teman-teman (perlengkapan mandi, musim dingin, jajan, transportasi dll) karena tempat tinggal dan makanan sudah dikaver dalam akomodasi.

b. Akomodasi
Seluruh mahasiswa akan ditempatkan di asrama pemerintah. Namun dapat juga ditempatkan di asrama swasta apabila asrama pemerintah telah penuh. Jika tidak suka asrama, diperbolehkan pula untuk menyewa rumah dengan biaya sendiri. Tapi kalau pendapat saya sih, di asrama saja sudah cukup. Walaupun, misalnya saya, sekamar berempat, namun kami memiliki masing-masing almari pribadi dan kasur. Ditambah fasilitas kulkas di dalam kamar. Namun kamar mandi di luar. Sebenarnya, fasilitas tiap asrama di Turki ini berbeda ya. Di sini saya hanya menjelaskan mengenai asrama yang saya tempati. Di dalam asrama yang saya tempati, terdapat beberapa bangunan. Setiap bangunan memiliki 8 lantai dan di setiap lantai terdapat kamar mandi dengan jumlah yang lumayan banyak. Jadi, tidak perlu khawatir. Untuk mencuci pakaian, sudah ada yang akan mencucikan. Kita hanya perlu membuat janji dan mengantre. Namun apabila lebih suka mencuci pakaian sendiri, tidak masalah juga.

Lalu dimana sholat dan makannya? Untuk sholat, setiap bangunan selalu menyediakan tempat sholat pada lantai satu. Untuk sarapan, setiap pagi kita hanya perlu turun ke lantai dasar. Kita dapat memilih makanan kita sendiri sebesar 3 TL. Jadi sistemnya, apabila kita mengambil makanan lebih dari itu, kita harus membayar sisanya. Untuk makan malam, kita memiliki jatah 6 TL.

c. Biaya kuliah dan persiapan bahasa
Kalian hanya perlu membayar untuk pulpen, buku, dan hal seperti itu saja dengan uang saku bulanan. Hanya kebutuhan pribadi kalian.

d. Asuransi kesehatan

e. Transportasi PP Indonesia-Turki satu kali ketika berangkat dan pulang usai lulus menggunakan Turkish Airlines.

Jika kalian hendak pulang pada liburan musim panas sebelum lulus, bisa kok, dengan biaya sendiri. Namun jangan khawatir, kalian bisa menabung dari uang beasiswa. Atau mau jalan-jalan keliling Turki aja selama liburan? Cari tiket promo keliling Eropa? Boleh juga.

PROSEDUR PENDAFTARAN (HANYA BISA LEWAT ONLINE)

a. Pertama-tama, silahkan buka http://www.turkiyeburslari.gov.tr atauhttp://www.trscholarships.org. Karena web menggunakan bahasa Turki, silahkan klik gambar bendera Inggris seperti di bawah ini untuk mengubahnya ke dalam bahasa Inggris.
[Foto @Naelil]

b. Selanjutnya, buat akun. Biasanya, terdapat tulisan “Basvuru” atau “Apply” di ujung kanan apabila pendaftaran telah dibuka. Lalu teman-teman akan masuk di halaman seperti di bawah ini.
[Foto @Naelil]

Jika tidak bisa, silahkan klik ini. Selanjutnya, silahkan pilih create an account.
[Foto @Naelil]

Ikuti prosedurnya. Jika belum memiliki paspor, tidak masalah. Silahkan menggunakan KTP. Setelah menyelesaikan proses pembuatan akun, teman-teman akan memperoleh email pertama seperti ini.
[Foto @Naelil]

c. Sign in
Jika teman-teman sudah memiliki akun di sana, sekarang teman-teman sudah dapat mendaftar beasiswanya.
[Foto @Naelil]

Ikuti prosedurnya dengan benar dan hati-hati ya. Selepas itu, rekan-rekan akan mendapatkan email seperti ini. Satu lagi, jangan lupa ini. Jumlah maksimal pilihan untuk universitas yang terletak di 3 kota besar (Istanbul, Ankara, Izmir) adalah 6 dari total pilihan 12. Jadi, maksimalnya, hanya separuh pilihan di kota besar.
[Foto @Naelil]

Taraaa! Selesai. Sekarang yang harus teman-teman lakukan hanya menunggu hasilnya keluar seraya berdoa dan menyibukkan diri untuk mendaftar beasiswa lainnya, mungkin. Setelah kurang dari sebulan (pengalaman saya tahun ini), pengumuman undangan wawancara akan dikirimkan. Seperti ini emailnya.
[Foto @Naelil]

Untuk tahun 2014 lalu, total pelamar dari semua negara adalah 82.000. Lalu 10.000 pelamar diundang untuk wawancara. Selanjutnya sekitar 4.000 pelamar dinyatakan lolos dan terbang ke Turkiye. Namun jangan khawatir, man jadda wajada.

Sebenarnya, ketika rekan memulai mendaftar, di sana akan tertera apa saja yang perlu rekan siapkan. Untuk tahun saya, S1 misalnya, membutuhkan:

1. Transkrip Nilai dan Ijazah
Apabila nilai tiap semester di SMA/MA dan sejenisnya berupa buku raport, kalian dapat merangkumnya sendiri menjadi transkrip yang hanya satu lembar. Dalam bahasa Inggris ya. Setelah ditandatangani, langsung di scan. Untuk ijazah, jika belum keluar tidak masalah.

2. Foto Diri

3. KTP/ID Card

4. Piagam dan Sertifikat
TOEFL/IELTS misalnya. Piagam kejuaraan, juga. Semuanya jika masih bisa, masukkan saja. Biar mereka yang menilai. Jangan lupa untuk memberi keterangan.

5. Kalian juga perlu untuk mengisi letter of intents seperti:
a. Please explain your expectations from studying in Türkiye and express your future plans
b. Please explain the reasons why you choose Türkiye for higher education
c. Please express the reasons for your department/program of study preferences and briefly explain how your educational background relates to your preferences
Untuk hal di atas, jangan asal isi ya. Dibuat semenarik mungkin.

6. Surat Rekomendasi
Boleh melihat contohnya di google atau langsung meminta tolong kepada guru untuk dibuatkan. Namun terkadang, guru memberikan kebebasan kepada siswanya untuk menulis. Baru setelah itu, guru hanya cukup menandandatangani. Untuk surat rekomendasi, saran saya dari guru yang sangat mengenal teman-teman.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menulis komentar di bawah ini. Sebisa mungkin akan saya jawab. Begitu pula jika teman-teman membutuhkan bantuan dalam mendaftar, dengan senang hati akan saya usahakan untuk membantu. Namun sebelum bertanya, alangkah baiknya apabila membaca semuanya dengan lengkap dan fokus tanpa terkecuali. Karena tidak ada namanya pejuang malas ya :p

Terima kasih. Salam sukses!

P.S Setelah melalui beberapa pertimbangan, untuk teman-teman yang memiliki pertanyaan bersifat pribadi mengenai beasiswa ini, silahkan mengirimkannya ke naellyixa@ymail.com.

Catatan tambahan:

1. Terjemahkan Ijazah dan Transkrip di lembaga resmi seperti Pusat Bahasa di banyak kampus di Indonesia (tersumpah lebih baik);
2. Sertifikat dan dokumen pendukung diterjemahkan ke Inggris lebih baik;
3. Wawancara untuk Master dan Doktor bahasa Inggris dan untuk S1 lebih banyak bahasa Inggris tapi ada juga yang campur bahasa Indonesia. Pewawancara di Kedubes Turki di Indonesia tak semuanya bisa bahasa Indonesia lancar. Siapkan Bahasa Inggris Anda dengan baik.


Naelil Maghfiroh
Salah satu tim kontributor Turkish Spirit. Mahasiswa asal Jawa Timur ini sedang studi pada Jurusan Jurnalistik di Ege University, Izmir Turki. Aktif berorganisasi di PPI Turki dan menulis di blog pribadinya di sini.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

38 comments

Write comments
4 March 2016 at 00:09 delete

Makasih balik Kak :( semoga bermanfaat.
Bantu share update dari kami..

Salam

Reply
avatar
14 April 2016 at 13:01 delete

tertarik euy, saingannya bnyk jg tapi yaaa. btw selain dari pemerintah turki, adakah beasiswa lain? lpdp? depag dll gitu kak?

Reply
avatar
16 April 2016 at 11:55 delete

Ada kak, ini juga boleh http://burs.diyanetvakfi.org.tr/kayit/lisans. Atau ada Tubitak tapi taun ini kayaknya ga bukan lagi. Intip aja, TUBITAK

Reply
avatar
17 April 2016 at 19:15 delete

ka itu kan ada wawancara, nah wawancaranya itu pakai bahasa apa.
Terus pas kita kuliah di turki terus belum bisa bahasanya itu gimana? mohon penjelasannya ya

Reply
avatar
17 April 2016 at 21:02 delete

English dong.
Kl lolos nanti ada satu tahun kursus bahasa Turki dl. Cermati kak di website YTB. Sudah lengkap semuanya :)

Reply
avatar
18 April 2016 at 14:38 delete

Okey kak jawabannya sangat membantu, terimakasih banyak ya

Reply
avatar
30 June 2016 at 04:23 delete

Assalamu 'alaikum. Saya mau tanya. Kan kita udah pilih 12 universitas tuh. Klo udah lulus beasiswanya langsung diterima di universitas yg disetujui oleh interviewernya atau ikut ujian penerimaan di universitas tersebut?? Oh iya, bisa email yang bisa dihubungi ya?

Reply
avatar
30 June 2016 at 04:23 delete

Assalamu 'alaikum. Saya mau tanya. Kan kita udah pilih 12 universitas tuh. Klo udah lulus beasiswanya langsung diterima di universitas yg disetujui oleh interviewernya atau ikut ujian penerimaan di universitas tersebut?? Oh iya, bisa email yang bisa dihubungi ya?

Reply
avatar
30 June 2016 at 15:08 delete

Aleykum selam Andı, sistem YTB adalah mereka yang mencocokkan kampus buat calon. Artinya, kl sudah lulus beasiswa otomatis sudah jelas dengan nama kampusnya, di antara yang 12 univ itu.

email cek di website ya

salam

Reply
avatar
7 November 2016 at 06:27 delete

Ka? Bisa berikan contoh ga utk yg transkrip nilai dan ijazah??

Reply
avatar
7 November 2016 at 06:29 delete

Ka? Bisa berikan contoh ga utk yg transkrip nilai dan ijazah??

Reply
avatar
7 November 2016 at 21:27 delete

Boleh kontak penulisnya langsung kak, di sini naellyixa@ymail.com

Reply
avatar
21 November 2016 at 12:38 delete

pada awal 2016 ini sy mencoba membuat akun dan sukses, tp akun tsb gak ke pakai karena telat daftarnya, nah unt th 2017 nanti jika mau daftar apa harus membuat akun baru lg dan apakah akun yg lama itu jg masih berfungsi. demikian mhn info dan pencerahannya

Reply
avatar
21 November 2016 at 13:01 delete

pada awal 2016 ini sy mencoba membuat akun dan sukses, tp akun tsb gak ke pakai karena telat daftarnya, nah unt th 2017 nanti jika mau daftar apa harus membuat akun baru lg dan apakah akun yg lama itu jg masih berfungsi. demikian mhn info dan pencerahannya

Reply
avatar
21 November 2016 at 13:34 delete

kl akun lama bisa diakses dan lancar silahkan pake akun lama, kl sudah ga bisa dan trouble bikin aja yg baru kak. semoga lancar

Reply
avatar
12 December 2016 at 11:09 delete

kalau mau sekolah di Antalya, Adana, Konya atau Kayseri misalnya ( Selain İstanbul, Ankara, İzmir ) bisa gak ? Prosedurnya sama kan ?

Reply
avatar
13 December 2016 at 01:38 delete

Sama aja kakak, di form-nya YTB tinggal cantumin aja kampus di kota kota tersebut. Cuma soal milih kota dan kampus. Prosedur yg lain sama

Reply
avatar
30 December 2016 at 18:43 delete

Kalau kita gk pandai bahasa inggris atau bahasa inggrisnya standar banget bisa berakibat fatal ya waktu test wawancaranya kak??

Reply
avatar
30 December 2016 at 18:44 delete

Kalau kita gk pandai bahasa inggris atau bahasa inggrisnya standar banget bisa berakibat fatal ya waktu test wawancaranya kak??

Reply
avatar
31 December 2016 at 17:04 delete

Poinnya adalah ketika wawancara paham. Ngomong apa mereka ngerti, Ya, begitu sederhananya, kak

Reply
avatar
4 January 2017 at 01:14 delete

apakah dokumen yang harus dirubah pake bahasa inggris ditranslatekan oleh sendiri atau bagaimana kak?

Reply
avatar
4 January 2017 at 02:58 delete

Cek di catatan tambahan kak di akhir tulisan. Sudah ditambahin

Reply
avatar
4 January 2017 at 06:33 delete

assalamu'alaikum...ka
kk maaf ganggu waktunya,,kk klw kk daftar beasiswanya sepenuhnya pake onlyn,,atau kk ikut pendaftaran beasiswa turki dng cara lain???dan kapankah di bukany pendaftaran beasiswa turki di thn 2017 ini??? mohon info dan masukanny ka...

Reply
avatar
9 January 2017 at 16:36 delete

Assalamualaikum kak,,klo ijazah nya belum ada apakah harus membuat SKL (surat keterangan lulus),,klo transkrip itu kan dirangkum satu lembar itu gmn ngerangkumnya kak,,makasih

Reply
avatar
9 January 2017 at 17:36 delete

SKL bisa kak. Maksudnya itu dalam satu file bukan satu lembar. Masukkan ke PDF aja

Reply
avatar
9 January 2017 at 17:38 delete

Via online smeua kak. di sini https://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr/Home/Student

Reply
avatar
13 January 2017 at 11:37 delete

Assalamualaikum, apakah ada universitas di Turki yang sistem pembelajarannya menggunakan bahasa inggris untuk program master ? atau memang semua university di turki menggunakan bahasa turki sebagai bahasa pengantar proses pembelajaran ? Terima kasih

Reply
avatar
13 January 2017 at 18:12 delete

Aleykum salam. Ada kak, setidaknya 3 kampus, Bogazici, METU dan Bilkent, cek aja kak

Reply
avatar
12 March 2017 at 16:26 delete

mau nanya, kan ada disuruh ngisi Grade pada bagian Education Information, nah itu saya isi 100 krn nilai rapot smp saya 1-100 skalanya, terus ada jg disuruh isi 'Grade' dan 'Grade(decimal)' ini maksudnya bagaimana ya? terimakasih :)

Reply
avatar
27 March 2017 at 04:16 delete

Iya, terliti aja kak. Kl skalanya 1-100 ya isi dengan cara gitu. Kl misalnya 1-10 juga ikuti begitu.

Reply
avatar
29 March 2017 at 01:41 delete

Halo kak, kenalkan, saya Shafira. Kak, saya dulu bersekolah di salah satu sma di tangerang, lalu kelas XI saya pindah ke salah satu sma negeri di jakarta, saya bingung transkrip nilainya bagaimana. Apakah berbeda lembarannya? Atau disatukan saja. Terimakasih ka :)

Reply
avatar
2 May 2017 at 08:52 delete

Ka mau nanya ni saya bingung nannti pas daftar beasiswa ytb kita milih bahasa pengantar nya turki atau bing. Saya bingung mau ambil yg mana, saya pengen di bogazici, kali di situ pake bahasa pengentarnya turki bisa ga ka ? Saran mending pilih bing atau b.turki . kalo ambil bing tapi belom punya sertigikat toefl kira" pas di turki ada pelatihan bahasa inggris gratis ga selama 1 tahun ? Terimakasih

Reply
avatar
2 May 2017 at 08:53 delete

Ka mau nanya ni saya bingung nannti pas daftar beasiswa ytb kita milih bahasa pengantar nya turki atau bing. Saya bingung mau ambil yg mana, saya pengen di bogazici, kali di situ pake bahasa pengentarnya turki bisa ga ka ? Saran mending pilih bing atau b.turki . kalo ambil bing tapi belom punya sertigikat toefl kira" pas di turki ada pelatihan bahasa inggris gratis ga selama 1 tahun ? Terimakasih

Reply
avatar
14 August 2017 at 08:48 delete

Assalamualaikum kk, mau nanya, jika kampus saya belum terdaftar di BAN PT masih bisa mendaftar ga?
Soalnya baru dibuka kampusnya

Reply
avatar
14 August 2017 at 08:48 delete

Assalamualaikum kk, mau nanya, jika kampus saya belum terdaftar di BAN PT masih bisa mendaftar ga?
Soalnya baru dibuka kampusnya

Reply
avatar
12 September 2017 at 14:43 delete

interviewnya gak ada yang pake bahasa arab kak?

Reply
avatar
17 October 2017 at 16:34 delete

Ka mau nanya, kalo misalkan lolos seleksi itukan ada pembekalan bahasa duluya, nah pembekalan bahasanya itu berlangsung di Indonesia atau dimana ya kak? sama nanti gurunya itu berasal dari Indonesia atau bukan ya kak? Terima Kasih:)

Reply
avatar