Asrama Pelajar Non-Beasiswa di Turki

15:08:00

"Turki diminati karena letak geografisnya yang unik: antara Asia Minor, Timur Tengah dan Eropa."

[Asrama KYK. Foto @yurtkur.gsb.gov.tr]
Timur Tengah sudah sejak lama menjadi salah satu tujuan studi para pelajar Indonesia. Namun khusus untuk beberapa tahun terakhir Turki menjadi tujuan studi yang paling diminati dibandingkan negara-negara Timur Tengah lainnya. Selain karena negara Timur Tengah seperti Mesir, Libya dan Suriah sedang dilanda konflik, hal lain yang menggoda ketertarikan pelajar Indonesia melanjutkan studi ke Turki adalah beasiswa yang disediakan pemerintah Turki, yaitu melalui TürkiyeBursları, Tübitak dan Mevlana Program.

Sementara itu, faktor lain—dan menjadi rahasia umum di antara para pelajar internasional—yang mendorong mereka studi di Turki adalah karena perkembangan dan kemajuan Turki dalam sepuluh tahun terakhir, juga karena letak geografisnya yang unik: antara Asia Minor, Timur Tengah dan Eropa. Karena itu pula Turki menyandang sebagai Negeri Dua Benua!

Selain pilihan beasiswa tersebut, ternyata banyak juga mahasiswa Indonesia yang bersekolah di Turki dengan biaya sendiri. Salah satu alasan mereka memilih sekolah di Turki adalah biaya pendidikan di Turki yang tidak begitu mahal jika dibandingkan biaya pendidikan di Indonesia. Kisaran biaya SPP per semester di Turki adalah 3 sampai dengan 7 juta. Bahkan ada universitas-universitas di kota kecil, ada yang mematok biaya SPP sebesar 1 sampai 2 juta per semester.
[Asrama KYK. Foto @yurtkur.gsb.gov.tr]
Nah, setelah diterima di salah satu universitas di Turki, kemudian muncul pertanyaan berikutnya: bagaimana dengan tempat tinggal? Jangan bingung. Ada banyak pilihan tempat tinggal, boleh menyewa apatemen, lojman (studio apartmen), dan juga ada pilihan untuk tinggal di asrama pemerintah Turki KYK (Kredi Yurt Kurumu).

Dari ketiga pilhan ini, tinggal di asrama pemerintah Turki adalah pilihan yang paling ekonomis. Dengan biaya bulanan yang dikeluarkan, sekitar 160 sampai dengan 250 TL, kita akan mendapat banyak sekali keuntungan, misalnya sarapan dan makan malam, laundry, semua perlengakapan kamar (ranjang, kasur, selimut, lemari bahkan meja belajar), dan yang paling terpenting jaringan internet unlimited.

Agar bisa tinggal di asrama KYK dengan jalur pribadi (berbayar), karena pelajar dari negara lain yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah Turki juga mendapatkan jatah tinggal di KYK, ada proses-proses yang harus dilewati. Berikut langkah dan saran dari saya untuk proses pendaftaran:

Catat Tanggal Pendaftaran

Pendaftaran hanya dibuka sekali setahun. Untuk itu harap mencari tahu tanggal penutupan pendaftaran. Kalau tanggal pendaftaran sudah ditutup, kemungkinan untuk tinggal di KYK sangatlah kecil. Biasanya pendaftaran untuk mahasiswa asing dibuka di akhir bulan Juli sampai dengan pertengahan bulan Agustus. Untuk lebih jelasnya harap hubungi kantor KYK İl Müdürluğü (Kantor Pusat di masing-masing kota) atau pantengin terus website KYK.

Usahakan Mendaftar Lebih Awal

Setiap tahun ada kuota tertentu yang dipatok untuk mahasiswa asing. Karenanya harap mendaftar lebih awal. Ada banyak mahasiswa-mahasiswa asing yang juga ingin tinggal di KYK, terutama mahasiswa yang berasal dari negara-negara serumpun Turki seperti Turkmenistan, Kazakistan, Azerbeyzan dan lain-lain. Semakin awal mendaftar, kesempatan semakin besar.

Pendaftaran Secara Manual

Sebenarnya untuk tinggal di KYK pendaftaran dilakukan secara online. Namun karena banyak kolom yang tidak bisa diisi oleh mahasiswa asing, akhirnya khusus mahasiswa asing pendaftaran hanya tersedia secara manual. Tempat pendaftaran biasa harus langsung menuju kantor İl Müdürlüğü. Di sana telah tersedia pelayanan khusus mahasiswa asing. Namun jangan berharap terlalu banyak. Kemungkinan besar petugas di sana tidak mengerti bahasa Inggris. Kalau kamu baru sampai di Turki, harap membawa teman yang bisa memediasi kamu dengan si petugas. Lagi pula ada banyak formulir yang perlu diisi, jadi kehadiran teman yang bisa menerjamakan cukup signifikan.

Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Untuk pendaftaran ada beberapa dokumen yang diperlukan, di antarnya:
  1. Öğrenci belgesi (surat keterangan aktif kuliah)
  2. Foto kopi paspor
  3. Foto kopi surat izin tinggal (ikamet).

Kemungkinan besar pendaftaran tidak bisa diproses di dalam satu hari, karena awalnya kita harus mengajukan diri untuk tinggal di KYK dulu. Kalau dikabulkan barulah kita akan dihubungi. Namun tenang saja, selama proses berlangsung kita diizinkan tinggal di asrama dengan status mısafir atau tamu. Bedanya, kita tidak mendapat jatah sarapan dan makan malam gratis. Jadi selama penungguan ini kita akan merogoh kocak yang lumayan.

Setelah itu segala proses lain seperti pengambilan sidik jari dan pengisian formulir-formulir lain (formulir izin keluar asrama beberapa hari, formulir biodata, formulir internet, formulir kartu asrama) akan dilakukan.

(Iya, perlu dicatat: pengisian formulir dan penulisan dilekçe merupakan budaya yang tidak bisa dilepaskan dari sistem birokrasi Turki. Jadi harap bersabar dan membiasakan diri dengan sistem seperti ini.)

Proses Akhir

Hal terakhir yang menandakan bahwa kamu sudah resmi menjadi anggota asrama adalah ketika kamu sudah membayar uang deposit sekitar 300 sampai dengan 380 TL. Tenang saja, uang deposit ini akan dikembalikan saat kamu keluar dari asrama. Ini hanya sebagai jaminan bahwa kamu tidak akan merusak peralatan asrama. Pembayaran deposit bisa dilakukakan langsung di ATM Bank Ziraat, atau kalau kamu punya kartu kredit atau kartu debit kamu juga bisa membayar langsung di website http://yurtkur.gsb.gov.tr/
[Kamar Asrama KYK. Foto @yurtkur.gsb.gov.tr]
Selain pembayaran uang deposit juga pengambilan sidik jari. Sistem sidik jari (finger print) sangat diperlukan, karena untuk keluar-masuk asrama, kamu harus menggunakan sidik jari. Kalau tidak muncuk di komputer kamu tidak akan diizinkan masuk. Begitu juga berlaku makan. Untuk masalah makan kamu sudah diberikan jatah tertentu, untuk sarapan kamu bisa mengambil menu sebanyak 3 TL, dan untuk makan malam sebanyak 6TL. Kalau mengambil makanan lebih dari harga yang ditentukan, kamu hanya akan diminta membayar kelebihannya. Biasanya jatah makan ini naik di awal tahun, namun semua tergantung dengan kondisi perekonomian Turki.

Sekian dulu sharing tentang asrama pemerintah untuk pelajar di Turki, dari seorang pelajar Indonesia yang tinggal di KYK dengan biaya pribadi :D


Adhari
Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris di Universitas Celal Bayar, Manis Turki. Penerima beasiswa Erasmus Program di Universitatea "Durea de Jos" din Galati, Romania. Blog pribadinya di sini.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »