Kuliah di Turki Biaya Sendiri?

11:16:00

"Kalau mau lewat jalur mandiri, yang harus dipersiapkan itu beda-beda. Tergantung masing-masing universitasnya."

[Salah Satu Universitas di Turki, Foto @Kampushaber.com]
Karena pertanyaan tentang kuliah di Turki semakin banyak (dan saya bosan juga menjawab satu-satu dari pertanyaan yang sama), saya ingin menulis khusus untuk teman-teman yang ingin melanjutkan kuliah di Turki dengan jalur mandiri. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi dan yang saya lihat dari teman-teman saya di Turki. Untuk info lebih lanjut, silahkan bisa cek blog-blog yang lain, tanya ke PPI Turki langsung ataupun ke PPI-PPI wilayah di Turki. Semoga bermanfaat.

Kalian mau lewat beasiswa atau jalur mandiri (bayar sendiri)?

Kalau kalian mau lewat jalur beasiswa, silahkan tongkrongin terus website Türkiye Bursları. Step-step pendaftaran bisa dicari di Youtube. Karena saya bukan penerima beasiswa Türkiye Bursları, jadi saya kurang paham bagaimana prosesnya. Required documents-nya juga saya kurang paham. Tapi setahu saya, semua sudah tertulis di persyaratan pendaftaran di website tersebut. Silahkan diotak-atik websitenya.

Kalau mau lewat jalur mandiri, yang harus dipersiapkan itu beda-beda. Tergantung masing-masing universitasnya. Karena mereka sudah menentukan cara penerimaannya lewat jalur apa saja. Misalnya, di Marmara University ketika dua tahun lalu saya mencoba apply di sana. Marmara University menerima mahasiswa internasional lewat ujian namanya YÖS (Yabancı Öğrenci Sınavı). Untuk Marmara University mereka menyebutnya MUYÖS ). Proses MUYÖS sendiri pun bisa dibaca di sini (ini application guide tahun lalu).

Kalau kalian malas klik link di atas, step-step kasarnya bisa dilihat berikut:
  1. Sign up di www.basvuru.marmara.edu.tr
  2. Isi data diri dan upload foto
  3. Bayar biaya ujian
  4. Ikut ujian. Ujiannya offline di kampus Marmara University sendiri. Jadi, kalo mau ikut YOS kalian memang harus datang Turki dulu.
  5. Setelah hasil ujian keluar, kita tinggal pilih jurusan yang kita ingin. Di mana milihnya? Di account yang kita bikin di awal tadi. Jadi, setelah nilai keluar, di situ kita bakal disuruh milih jurusannya. Buat bisa milih jurusan, nilai minimal yang harus kita dapat adalah 50. 
  6. Setelah milih, tinggal tunggu pengumunan keterima atau enggaknya. Selesai!
Perlu diingat, tidak semua universitas di Turki mengadakan YÖS. Salah satunya adalah Hacettepe University. Daftar ujian-ujian yang diterima oleh Hacettepe University bisa diliat di sini. Rata-rata, universitas di Turki menerima nilai SAT. Yang mau apply pakai nilai SAT, biar aman, usahakan nilai SAT kalian di atas 1000 ya (tanpa essai).

Intinya yang perlu dicatat adalah: setiap universitas mempunyai cara masing-masing untuk menerima mahasiswa Internasional non-YTB (Türkiye Bursları). Silahkan cek masing-masing di website universitas yang kalian inginkan. Dan juga, beberapa kampus mengharuskan dokumen untuk diterjemahkan ke bahasa Turki. Dan hasil translate pun harus dicap notaris. Jadi, ini pun harus diperhatiin yaa.

Biaya kuliah?

Untuk biaya kuliah, tiap kampus beda-beda. Misal di Selcuk University, biaya kuliah per semester 886,50 TL (untuk medicine). Sudah tidak ada biaya-biaya tambahan yang lain. Tapi ada juga yang biayanya sampai ribuan TL per semester.

Pemilihan kota?

Untuk masalah tempat tinggal, ini balik ke kaliannya lagi. Kalian lebih suka tinggal di kota besar atau kota kecil? Lebih suka tinggal di tempat yang orang Indonesianya banyak atau yang biasa-biasa aja? Betah tidak kalo tinggal di kota yang butuh berjam-jam di jalan?

Saya sendiri sekarang tinggal di kota Konya. Kota kecil yang tidak terlalu ramai. Pelajar Indonesia sekitar 30-an orang. Jarak dari rumah ke kampus 20 menit naik  tramvay. Ke pusat kota dari rumah 30 menit. Apakah saya bahagia tinggal di sini? Ya bahagia-bahagia saja. Lagian udah kebiasa juga. Kalo mau belanja yang lain-lain yang tidak ada di sini, tinggal cari dari internet atau ke Ankara (jarak Konya-Ankara itu 2 jam naik kereta cepat, 3,5 jam naik bis). Dan lagi, tinggal di kota kecil itu biaya hidupnya pun minim. Jadi bisa hemat-hemat.

Pemilihan universitas?

Setiap universitas di Turki memiliki keunggulan masing-masing. Misalnya, Selcuk University (Konya) termasuk unggul di bidang pertanian dan kedokterannya, Hacettepe University (Ankara) di kedokteran, Cukurova University (Adana) di pertanian, dan lain sebagainya. Tapi, jika dilihat dari kepopuleran secara umum, pemenangnya adalah Istanbul University. Selain terletak di kota penuh sejarah, Istanbul, kampus ini juga salah satu kampus tertua di Turki. Jadi memang pantas kalau jadi favorit banyak orang. Untuk kampus-kampus favorit lainnya, ada Ankara University, Middle East Technical University, Hacettepe University, Istanbul Technical University, Bogazici University, Bilkent University, Koc Univerisity, dan masih banyak lagi. Masalah urutan, bisa dicari di google ya.

Sekian dulu ya tentang kuliah di Turki. Untuk info lebih lanjut, bisa email ke keqori.fitrah.ananda@gmail.com. Good luck.


Qori Fitrah Ananda
Mahasiswi pada jurusan Kedokteran di Selcuk University, Konya Turki. Suka berorganisasi dan berasal dari Balikpapan. Silahkan kunjungi blog Qori di sini.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
15 September 2017 at 05:20 delete

Hai Kak, aku ingin bertanya untuk apply YOS atau SAT apakah ada batasan maksimum usia? karena aku bukan fresh graduate tapi ingin s1, terima kasih ;)

Reply
avatar