Mengenal Ekspresi Unik Orang Turki

18:01:00

"Tak jarang, para pelajar yang masih baru tinggal di Turki salah mengartikan ekspresi mereka yang mengakibatkan salah paham sampai bikin mereka geleng-geleng kepala dan tertawa."

https://img.gecce.com/2016/01/15/murat-boz-bu-113439AJ.jpg
[Foto @gecce.com]
Orang Turki mempunyai isyarat-isyarat ketika berbicara dan mengekspresikan sesuatu. Terkadang, kami sebagai orang asing pun bingung mengartikannya. Mereka menggunakan mimik, gerakan dan gestur yang berbeda. Tak jarang, para pelajar yang masih baru tinggal di Turki salah mengartikan ekspresi mereka yang mengakibatkan salah paham sampai bikin mereka geleng-geleng kepala dan tertawa.

Berikut setidaknya ada tujuh ekspresi unik orang Turki yang ingin saya bagi, khusus buat kamu yang sudah siap-siap liburan ke Turki atau boleh juga sekedar mengenal ekspresi unik mereka.

1. Menganggukkan Kepala dan Berdecak Ketika Mengatakan Tidak

Hah! Gimana bisa?
Iya, mereka menganggukan kepala ke atas ketika mengatakan tidak sambil mengangkat alis. Yang membuat bingung adalah, terkadang mereka melakukannya berkali-kali sehingga terlihat seperti isyarat mengangguk. Pada awal kedatangan saya ke Turki, saya sering sekali mengalami kejadian menggelitik akibat ekspresi yang satu ini.

Mereka juga berdecak ketika mengatakan tidak. Dalam budaya Indonesia berdecak berarti mengeluh atau merasa sedikit marah, atau bahkan dalam kultur masyarakat tertentu berdecak adalah salah satu hal yang tidak pantas dilakukan di depan orang. Juga, berdecak bisa berarti isyarat kekaguman (berdecak kagum, misalnya). Beda sekali bukan?

Ada satu peristiwa konyol yang pernah saya alami sewaktu di kelas persiapan Bahasa Turki. Saya bertanya kepada hoca, “Hoca, kita nggak istirahat dulu saja nih?” Dia menjawab dengan berdecak kepada saya (artinya nggak ada istirahat). Saya sedih banget waktu itu karena saya pikir hoca marah atau kecewa dengan saya. Tapi setelah saya paham ekspresi yang satu ini, ternyata konyol juga ya. Hahaha.

Trivia: Gerakan mengangguk untuk mengatakan tidak ini umum digunakan di Timur Tengah, Persia dan sekitarnya.

2. Menggoyangkan Telapak Tangan ke Depan Ketika Menyumpahi

Orang Turki bisa dibilang sedikit lebih emosian daripada orang Indonesia. Maka dari itu, mereka lumayan sering menyumpah-serapahi orang lain ketika marah. Bahkan ketika bercanda pun. Ketika menyumpahi orang, mereka menggoyangkan tangannya ke depan seperti sedang menunjukkan jalan lurus terus. Tapi bedanya mereka menunjuk ke orang yang mereka sumpahi. Hehehe
*Allah belasını vermesin* terdengar dari kejauhan…
[Foto @ilgincseyler.com]
3. Mengedipkan Mata Ketika Bilang Iya

Gestur ini yang membuat orang asing sedikit terbawa perasaan atau BAPER. Karena di Indonesia kamu tidak akan berkedip kepada orang yang baru kamu kenal. It’s just too cute, dan bisa dibilang terlalu friendly untuk ukuran orang yang baru dikenal. Di Turki, untuk mengatakan iya mereka biasanya menggunakan isyarat mengedipkan mata, khususnya untuk para cewek. Dan biasanya, kedipan maut ini diiringi senyuman juga. Wah, hati-hati ya, guys.
[Foto @ilgincseyler.com]
4. Mendoakan Agar Jauh dari Bala dengan Meludah

Jangan kaget karena budaya ini sudah mendarah daging dalam budaya Turki. Kalian pasti sudah tau apa itu Nazar Boncuğu atau sering disebut The Evil’s Eye. Nazar Boncuğu dipercaya dapat melindungi dari mara bahaya. Nah, selain itu mereka juga punya ekspresi “Maaşallah. Nazar Değmesin” yang artinya adalah Masya Allah semoga bala tidak menyentuhnya. Ekspresi ini sering digunakan untuk bayi agar terlindung dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sambil mengucapkan Nazar Değmesin mereka meludah ke arah bayinya “Tü tü tü tü”. Jangan dibayangkan meludah yang jorok begitu, ini hanya sebagai simbol agar doanya sampai ke bayi tersebut. Unik kan!

5. Orang Indonesia Bilang ‘Oooh’ Orang Turki Bilang ‘Heee’

Ekspresi orang Turki ketika mereka paham terhadap sesuatu adalah heee. Sedangkan orang Indonesia bilang ooh begitu. Sebetulnya saya juga baru ngeh setelah saya ngomong dengan salah satu senior S3 di Ankara. Ketika kami mengobrol saya banyak menggunakan ‘heee’ lalu dia bilang ‘Wah kamu udah jadi orang Turki, kalau paham sesuatu jadi haa hee haa hee…’ Hehehe…

6. Berpelukan dengan Orang yang Baru Dikenal

Orang Turki dikenal dengan kebudayaan yang ramah, suka membantu, welcome dan penuh persahabatan. Mereka menyapa dan bersalaman seperti merangkul dam berpelukan dengan orang yang baru dikenal sekalipun. Khususnya di kalangan para cewek, ketika bertemu dengan orang baru atau dikenalkan dengan seseorang, mereka biasanya bersalaman dengan memeluk. Bagi yang laki-laki mereka bersalaman dengan menempelkan kepala kiri kanan.

7. Ekspresi Mengumpulkan Jari

Di negara-negara Eropa Barat seperti Italia, mungkin isyarat ini digunakan untuk menunjukkan rasa marah. Tetapi di Turki, isyarat ini mengartikan sesuatu yang enak atau cantik. Misalnya untuk mengekspresikan makanan yang enak, atau ketika seseorang sedang mendeskripsikan cewek cantik atau cowok ganteng. Jadi, kalau kalian bertemu orang Turki yang melakukan seperti ini jangan dipikir marah, ya!
[Foto http://cache.mrporter.com]
Nah, itulah beberapa ekspresi yang bisa kita temui sehari-hari ketika kita ngobrol dengan orang Turki. Mungkin beberapa di antaranya terdengar aneh namun itu juga menunjukkan keunikan kultur Turki yang tidak kita dapati di tempat lain.


Azahra Nurhabiba
Anggota redaksi Turkish Spirit, mahasiswi International Trade and Management di Bulent Ecevit Universitesi, Zonguldak, kota kecil di tepi Laut Hitam. Mahasiswa yang jarang belajar dan mengisi kebanyakan waktunya dengan dengan membaca, menulis, dan bermain gitar. Berasal dari kota kecil di Jawa Timur, Kediri. Instagram @azahrarona.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
23 September 2017 at 06:34 delete

Ka
Cara dapetin beasiswa kuliah di turki g mana cara nya ??
Apa perlu ikut suatu program
Kalau soal berbicara bahasa turki saya baru bisa bahasa umum

Reply
avatar