Pameran Buku Tentang Islam di İstanbul

15:36:00

Kota Istanbul sangat kental dengan nuansa pariwisata yang dipadukan dengan nilai-nilai sejarah dan budaya masyarakatnya

[Lokasi Pameran Buku Islami. Foto Didit Haryadi]
Kota Istanbul sangat kental dengan nuansa pariwisata yang dipadukan dengan nilai-nilai sejarah dan budaya masyarakatnya. Salah satu yang membuktikan hal ini adalah gelaran pameran buku “The 35th Turkey Book and Culture Fair” yang diselenggarakan di halaman depan kampus Universitas Istanbul, di Beyazit, Istanbul. Pameran buku ini akan dilaksanakan selama satu bulan penuh di Bulan Ramadhan 1437 H.

Penyelenggara dari kegiatan ini adalah Turkish Diyanet Foundation (TDV), Yayasan dari Kementrian Agama Pemerintah Turki yang bekerjasama dengan pemerintah Kota Istanbul (Istanbul Büyükşehir Belediyesi/IBB).

Pameran buku yang dibuka untuk umum sejak sepekan yang lalu ini, diikuti oleh 180 penerbit domestik dan internasional dengan ratusan stand bazaar buku dengan harga yang cukup terjangkau dan diskon untuk pelajar. Tema pameran buku tahun ini adalah “Let’s touch people’s hearts’ yang menyerukan semangat nilai-nilai Islam dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan transformasi ilmu pengetahuan melalui jalur edukasi dan literasi.

Beberapa buku dan publikasi terjemahan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab juga ditampilkan dan dijual bagi para pengunjung. Dalam informasi yang dirilis oleh panitia penyelenggara, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan produksi pengetahuan (akademik) yang ada di Turki kepada dunia internasional, dan juga sebagai cara melakukan diplomasi agar karya-karya dalam Bahasa Turki bisa diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lainnya.

Pada tahun ini, karya-karya yang diterbitkan difokuskan untuk tema mengenai sejarah imperialisme. Upaya ini adalah langkah nyata yang dilakukan oleh pemerintah untuk melestarikan pengetahuan dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang sejarah Kerajaan Ottoman.

Adapun acara lainnya adalah dialog dan diskusi langsung dengan beberapa penulis dan akademisi, yang diselenggarakan setiap hari pada pukul 6-8 malam.

Sekitar 100.000 judul buku dengan tema mengenai sejarah dan peradaban, kebudayaan, agama dan filsafat disajikan dalam pameran buku ini. Bagi para peminat buku dan yang sedang membutuhkan literatur untuk publikasi ataupun penelitian, pameran ini akan dihelat sampai tanggal 25 Juni 2016. Pada pekan pertama pembukaan, 20.000 pengunjung memenuhi halaman depan kampus utama Beyazit. Stand-stand buku dibuka sejak jam 10:00 pagi sampai dengan waktu berbuka puasa. 



Didit Haryadi
Pimpinan Redaksi Turkish Spirit. Mahasiswa master program Sosiologi di İstanbul University. Person İn Charge untuk İndonesia Turkey Research Community (İTRC) di İstanbul.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »