FAQ Beasiswa YTB

04:16:00

Jika kamu berminat untuk kuliah di Turki dengan beasiswa dari pemerintah Turki, sebelum membaca FAQ, alangkah baiknya untuk membaca tulisan saya ini. Lebih lengkapnya, bisa cek website Türkiye Bursları

[Masjid Paling Terkenal di Adana, Turki, Sabancı Merkez Camii Foto +Hari Pebriantok ]
Hallo!
Beasiswa Türkiye Bursları dari pemerintah Turki akan segera dibuka. Seiring dengan hal itu, kami para penerimanya pun diserbu banyak pertanyaan oleh peminat beasiswa ini. Mulai dari pertanyaan yang keren, sampai pertanyaan yang bikin jidad berkerut.
Bagi kamu yang menginginkan beasiswa, semangatlah melakukan research karenabeasiswa bukanlah untuk pejuang malas. Yang mau beasiswa itu banyak loh, guys. Jadi jangan berharap menang kalo kerjaannya males-malesan. Ok?
Saya dan beberapa penerima beasiswa Turki seringkali memperoleh pertanyaan mencengangkan. Misalnya saja beberapa di bawah ini.
Q : Kak, aku udah baca blog kakak tentang beasiswa Turki (Türkiye Bursları). Udah baca web-nya juga. Syarat-syarat untuk mendaftar beasiswa Turki apa aja ya kak?
Katanya udah baca? Persyaratan adalah hal yang sangat dasar ya… Please dibaca dulu sebelum tanya. Dikorek-korek website nya. Jangan dipantengin aja homepage-nya. Googling kek, research dulu.
Q : Kak, wawancaranya pakai bahasa Inggris ya? Harus bisa bahasa Inggris dong? Tapi bahasa Inggrisku nggak bagus. Gimana ya, Kak?
Nah, solusinya lebih sering praktik bahasa Inggris dong, sayang. Di internet banyak kok situs yang memudahkan kita berbicara dengan bule. Atau kalau mau yang lebih santai, nonton film berbahasa Inggris. Nontonnya tanpa subtitle dulu, terus habis itu baru pakai. Atau baca buku anak-anak yang berbahasa Inggris. Banyak kok cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.
Q : Kak, nilaiku sekian, prestasiku sekian… kira-kira itu bisa menjamin aku buat lolos beasiswa ini nggak?
Nggak ada yang bisa jamin. Apalagi kakak-kakakmu ini kan bukan peramal.:mrgreen: Apa saja yang dapat dipertimbangkan oleh pemberi beasiswa adalah apapun yang ada dalam persyaratan. Jadi, lengkapi persyaratannya dan jangan anggap angin lalu. Misal nih mentang-mentang nilainya tinggi, essay nya disepelein.
Q : Kak, aku lulusan tahun sekian. Boleh nggak daftar beasiswa S1 Türkiye Bursları?
Di web Türkiye Bursları tertulis jelas kok bahwa entah kamu lulusan tahun kapanpun, yang terpenting itu usiamu yang jadi batasan. Coba dibaca lagi dengan teliti.
Q : Kak, syarat minimal daftar beasiswa ini, nilainya berapa?
Itu juga udah lengkap infonya di kolom persyaratan.
Q : Kak, tahun ini beasiswa Türkiye Bursları dibuka kapan?
Mungkin lebih tepatnya tanya, “Biasanya beasiswa ini dibuka kapan?” karena kita bukan pemberi beasiswa yang bisa menentukan tanggal. Ada kok kalender beasiswa Türkiye Bursları di web nya.
Q : Kak, susah nggak dapatin beasiswa ini?
Bingung jawabnya. Kalau dijawab, “Jika kamu ada usaha dan doa, nggak bakal sulit kok. Ada kemauan ada jalan” pasti nggak puas kan?
Q : Kak, jumlah uang beasiswanya berapa?
Ini juga tertulis di web Türkiye Bursları. Untuk S1 600 TL, S2 850 TL dan S3 1200 TL (kalau tidak berubah).
Q : Kak, kalau nggak bisa bahasa Turki gimana? Masih boleh mendaftar?
Huhuhu. Nggak baca nih pasti. Beasiswa ini juga mencakup kursus bahasa Turki setahun bagi yang belum bisa.
Itu adalah beberapa pertanyaan yang terkadang bikin mules kala sedang bad mood. Kita juga manusia yah bukan robot yang nggak pernah capek dari tugas kuliah, kegiatan kampus dll. Jadi maaf kalau kadang kita terdengar jutek. Kita saling ngertiin aja yah..
Bahkan ada salah seorang teman saya yang dapat respon begini dari salah satu anak yang minat beasiswa : “Lah, ini kan memang tugas kakak untuk menjawab pertanyaan kita?”
Lalu saya pingsan pas denger cerita dari teman saya itu. Tugas dari mana, Abang… Eneng?
Kalau pertanyaannya masuk akal sih oke. Tapi kalau pertanyaannya terkait apa yang sudah tertulis jelas di website Türkiye Bursları?
Nah, sekarang langsung aja lanjut ke pertanyaan yang keren menengah sampai keren abis!
Q : Kak, surat rekomendasi itu kaya gimana?
Contoh surat rekomendasi itu banyak jumlahnya di internet. Termasuk banyak macamnya. Jadi wajar kalau kamu bingung. Ini adalah contoh surat rekomendasi yang, katakan setipe, dengan apa yang saya pakai untuk mendaftar beasiswa ini.
Q : Kak, semua dokumen dibawa ke sworn translator?
Enggak perlu. Transkrip rapor yang dalam bahasa Inggris itu bisa dibikin sendiri. Kalau ijazah, baru dibawa ke sworn translator.
Q : Kak, aku mau ambil jurusan A, bagusnya di kampus mana?
Ini pertanyaan yang lumayan sih mengingat normal/umum saja jika orang menganggap bahwa siapapun yang sedang kuliah di Turki tahu kampus bagus untuk bidang A, B, C di Turki. Padahal, kita nggak mengadakan research untuk jurusan yang bukan milik kita. Milik kita aja kadang nggak research tapi pilih random haha:mrgreen:Cuman, bisa aja kita denger kabar kampus bagus buat bidang A, B, C. Jadi normal buat nanya. Tapi alangkah baiknya kalau kamu research dulu, bidang A, B, C nih bagusnya di kampus mana. Zaman udah canggih ya… Bisa cari di internet.
Q : Kak, kata temenku butuh uang sekian juta ya buat ke Turki pakai beasiswa ini?
Beasiswa ini bersifat menyeluruh. Kalaupun butuh uang ya untuk bikin paspor, visa, nerjemahin dokumen, mondar-mandir Jakarta dan uang pegangan untuk pertama kali datang ke Turki. Ya masa iya mau bawa tangan kosong pas awal ke Turki? Pegang uang dululah sebelum beasiswa pertamamu cair. Kan sebelum beasiswa cair, kamu harus urus banyak hal seperti bikin akun bank dulu.
Q : Kak, beasiswa Turki cuma buat Muslim ya?
He? Enggaklah. Siapa pun yang memenuhi persyaratan, boleh mendaftar. Emang muslim itu syarat? Enggak kok. Kalau nggak tertulis di persyaratan, ya berarti bukan syarat. Waktu itu bahkan ada yang nanya saya apakah kalau mau daftar beasiswa ini harus berjilbab. Normal sih… mengingat pandangan kebanyakan orang soal Turki itu negeri yang sangat islamis. Semoga dari sinetron Cinta di Musim Cherry, Elif dll kamu bisa dapat gambaran mengenai Turki. Kalau kamu berpikir bahwa Turki itu sangat islamis, ntar kamu bisa kaget lho pas datang ke sini:mrgreen:
Apalagi ya… Sejauh ini, itu aja yang saya inget. Kalau kamu ada pertanyaan, tulis aja di kolom komentar di bawah ini. Bikin pertanyaannya yang keren yak!
Tulisan di atas diambil dari blog penulis dengan tambahan


Naelil Maghfiroh
Salah satu tim kontributor Turkish Spirit. Mahasiswa asal Jawa Timur ini sedang studi pada Jurusan Jurnalistik di Ege University, Izmir Turki. Aktif berorganisasi di PPI Turki dan menulis di blog pribadinya di sini.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
3 April 2017 at 06:09 delete

kak.. beasiswa turki ini kan di buka tahun 2017 untk keberangkatan 2018. misalnya nih ya. kita lulus wisudanya tahun 2018 dan tahun 2017 masih semster akhir itu gmna ya? mkasih

Reply
avatar