Minuman yang Turki Banget

22:55:00

Salah satu faktor yang membuat Boza kembali dibicarakan dan terkenal bahkan sampai ke dunia internasional adalah berkah novel yang ditulis Orhan Pamuk berjudul Kafamda Bir Tuhaflık (A Strangeness in My Mind)

[Boza. Foto @countlan.com]
Turki adalah negara yang terkenal dengan budaya minum teh alias çay. Kalau kalian berkunjung ke Turki dijamin tidak akan kesulitan menemukan orang nge-çay di setiap sudut kota. Dalam takaran gelas khas nan seksi (serupa bunga Tulip) para penikmat teh tidak puas jika hanya menghabiskan satu gelas, mereka bisa sampai menikmati 3-5 gelas teh.

Selain teh, Turki juga dikenal dengan kopinya yang khas. Ampas Türk kahvesi (Kopi Turki) yang sering dimanfaatkan sebagai alat ramalan ini terkenal dengan rasa pahit-legitnya yang bisa bikin kalian melek sepanjang malam.

Nah, bagi kalian yang bukan penikmat teh ataupun kopi, berikut saya sajikan beragan jenis minuman khas Turki lainnya yang bisa dinikmati.

Ayran
[Ayran. Foto @yemek.mynet.com]
Untuk orang Indonesia yang terbiasa dengan kesegaran dan manisnya es buah atau es dawet, mungkin akan cukup kaget ketika menikmati minuman yang disebut ayran ini.  Ayran yang konon pertama kali muncul pada masa Göktürkler di antara tahun 552-754 SM merupakan sebuah temuan yang tak disengaja. Karena pada masa itu mereka hanya bertujuan untuk mengurangi rasa asam pada olahan yoghurt dengan menambahkan sedikit air. Ya, ayran adalah salah satu produk minuman berasal dari olahan susu yaitu yoghurt yang dicampur dengan air. Tak jarang untuk menambahkan rasa, dalam proses pembuatan ayran dicampur dengan sedikit garam.

Selain di Turki, ayran juga ada di beberapa negara seperti Azerbaycan, Armenia, Lebanon, Iran, beberapa negara Balkan, sebagian negara Timur Tengah dan negara di Asia Tengah. Karena apabila ditelisik secara sejarah mereka juga memiliki nenek moyang yang sama pada masa Göktürkler.

Ayran ini minuman yang cocok menjadi teman ketika kalian menikmati döner atau çiğ köfte. Kalau udah jatuh cinta sama si ayran, kalian bisa lebih betah tinggal di Turki.

Şalgam Suyu
[Şaldam Suyu. Foto @yemekresimli.com]
Şalgam merupakan salah satu jenis lobak dengan nama latin Brassica napobrassica. Minuman yang berarti air lobak ini merupakan minuman khas dari Kota Adana yang terletak di daerah Akdeniz. Şalgam Suyu sebenarnya adalah air hasil fermentasi lobak, wortel ungu dan bulgur. Ketiga bahan tersebut dipotong besar kemudian dicampur dengan garam, gula dan air lemon, setelah itu dimasukkan ke dalam wadah/toples berisi air. Kita harus menunggu selama 8-15 hari sebagai proses fermentasi. Setelah terjadi proses fermentasi barulah Şalgam suyu bisa dinikmati. Ada dua jenis Şalgam Suyu yaitu acılı (pedas), dari air lobak yang dicampur dengan cabai dan acısız (tidak pedas) tanpa campuran cabai.

Udah kebayang kan rasanya minuman ini?

Şalgam suyu banyak dinikmati masyarakat Turki bersama olahan ikan seperti sardalya ekmek arası atau sandwich ikan sarden.

Şalgam suyu ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan sehingga banyak masyarakat Turki yang gemar meminumnya. Di antaranya minuman ini dipercaya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengkonsumsi air lobak di saat terkena flu akan membantu pemulihan lebih cepat. Selain itu şalgam suyu juga membantu proses penurunan berat badan. Di samping itu dipercaya bisa menambah volume asi bagi ibu yang sedang menyusui.

Buat yang enggak sabar nunggu 15 hari kalau buat şalgam suyu sendiri sekarang sudah banyak produk şalgam suyu siap minum.

Salep
[Salep. Foto @wanderforlife.com]
Ini bukan salep yang biasa dioleskan ketika kalian keseleo. Meskipun sama-sama bikin anget tapi salep yang ini adalah salah satu tumbuhan dari famili Orchidaceae. Jenis anggrek yang memiliki benggol ini dimanfaatkan sebagai salah satu minuman favorit orang Turki di musim dingin. Benggol salep ini dikeringkan kemudian digiling menjadi serbuk. Serbuk salep dimasak dengan air mendidih dan ditambahkan dengan kayu manis ketika disajikan. Untuk rasa special, salep ini bisa dimasak juga dengan tambahan susu. Diminum ketika masih hangat adalah salah satu pilihan minuman terbaik untuk menjaga tubuh tetap hangat di musim dingin. Salep yang sudah dinikmati masyarakat Turki sejak zaman Utsmani ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan batuk. Di Turki sendiri tanaman salep diklaim hanya tumbuh di pegunungan di kota Kahramanmaraş.

Boza
[Turis Sedang Menikmati Boza di Istanbul. Foto +Turkish Spirit]
Boza juga sering dikonsumsi pada musim dingin dan menjadi minuman yang banyak diburu ketika bulan Ramazan jatuh di musim dingin. Boza banyak diproduksi mulai pertengah September sampai pertengahan Maret. Minuman yang terbuat dari irmik (sejenis tepung kasar dari jagung) yang dicampur dengan gula dan air juga melalui proses fermentasi. Satu kemasan boza yang sudah dibuka sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 7 hari. Sedangkan yang masih tertutup bisa bertahan sampai 25 hari dengan suhu penyimpanan 8˚C.

Sebenarnya Boza menjadi salah satu minuman tradisional yang makin jarang dijumpai di Turki. Boza biasanya banyak diproduksi di Turki bagian barat, seperti daerah Istanbul dan sekitarnya. Salah satu faktor yang membuat Boza kembali dibicarakan dan terkenal bahkan sampai ke dunia internasional adalah berkah novel yang ditulis Orhan Pamuk berjudul Kafamda Bir Tuhaflık (A Strangeness in My Mind). Novel ini menceritakan sorang penjual Boza di Istanbul. Jadi, banyak turis yang sebelumnya tak mengenal Boza ketika berkunjung ke Istanbul akan memburu Boza, sebagai pelengkap "rasa Istanbul" seperti yang dibangun dalam novel Pamuk.

Boza dipercaya memiliki kandungan vitamin A, B6, B12, C dan E. Selain itu boza juga bermanfaat sebagai salah satu minumn yang bagus untuk jantung dan pembuluh darah.

Kalau udah sampai Turki jangan lupa untuk mencicipi minuman-minuman yang sudah saya jelaskan di atas, agar kalian ngerasain rasanya menjadi “Turki” banget!
Tulisan di atas diolah dari berbagai sumber.


Roida Hasna Afrilita
Tim redaksi Turkish Spirit, mahasiswi Jurusan Ilmu Pendidikan Bahasa Turki di Canakkale Onsekiz Mart Univeristesi. Pelajar Indonesia asal Magelang Jawa Tengah, memiliki minat pada konsep dan menejemen pendidikan. Instagram @roidanana.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »