Pengalaman APPLY Beasiswa YTB 2016

22:25:00

Waktu itu sembari mengerjakan skripsi saya pun mengisi step by step aplikasi beasiswa dengan sangat hati-hati

[Aksaray, Turki. Foto +Hari Pebriantok]
Pada tanggal 29 Februari 2016 Beasiswa Turki resmi dibuka untuk jenjang S1, S2 dan S3. Ini memang saat-saat yang saya tunggu. Dengan penuh semangat seluruh persyaratan pun saya kumpulkan untuk aplikasi online. Waktu itu sembari mengerjakan skripsi saya pun mengisi step by step aplikasi beasiswa dengan sangat hati-hati. Saya apply S2 pada program Yunus Emre Turkish Language Scholarship atau Beasiswa untuk program Bahasa dan Sastra Turki.

Saya resmi menyelesaikan aplikasi saya pada 8 Maret 2016. Penutupan beasiswa tahun 2016 pada tanggal 3 April 2016. Menunggu dan menunggu saat untuk pengumuman interview lewat email, namun saya tidak mendapat email tersebut.

Indonesia mendapat jadwal interview pada tanggal 26-29 Mei 2016 di Jakarta, untuk interview di Aceh kalau tidak salah tanggal 30 & 31 Mei 2016. Namun pada akhirnya tanggal 23 Juli 2016 saya mendapat email, jawaban yang saya tunggu datang dan ternyata saya belum menjadi penerima beasiswa Turki untuk tahun ini. Tidak apalah, masih banyak jalan lain, bukan?

Untuk itu, di sini saya akan share pengalaman saya ketika apply yah, semoga membantu sedikit banyaknya.

REGISTRATION
  1. Pergi ke situs resmi YTB
  2. Isi dengan cari Klik REGISTER
  3. Isi seluruh aplikasi pendaftaran dengan perlahan baik dan benar, seperti nama, Email dan Pasword.
  4. Setelah itu pihak panita mengirim Email untuk aktivasi, lalu klik saja link yg dikirim.
  5. Lalu setelah aktivasi kembali lagi Log In dengan Email dan Password nya.

PROSES PENGISIAN FORM

Ada beberapa step yang harus diisi, secara garis besar ada dua step. STEP DASAR dan STEP APPLY. Dan ada tanda berupa: TANDA SERU MERAH tandanya WAJIB diisi, Seperti >> Personal Information, Family Information, Contact Information, Education Information dan Language Information. TANDA SERU KUNING tandanya optional, kalian bisa isi atau tidak. Namun jika diisi lebih bagus lagi seperti Work Experience, Academic Qualification dan Social Activities.

STEP DASAR:

1. Personal Information: Di sini kita isi seluruh data seperti Nama, Jenis Kelamin, Tempat Tanggal lahir, Identitas Diri (KTP, Paspor atau AKTA) pilih satu di antara tiga itu, Etnik, Agama dsb.

2. Family Information: Di sini kalian mengisi nama orang tua, data diri orang tua seperti pekerjaan, Jumlah saudara yang dimiliki serta Gaji orang tua/bulan.

3. Contact Information: Di sini kalian mengisi Tempat tinggal dan Kontak kalian yang bisa di hubungi, Nomor rumah atau HP.

4. Education Information: Di sini kalian mengisi sejarah pendidikan kalian sampai pendidikan terakhir kalian. Untuk jenjang S1, S2 maupun S3 sama.. Mengisi dari pendidikan SMA dahulu.. Untuk S1 isi High School nya, Untuk S2 isi High School dan Bachelor atau Associate nya, Untuk S3 isi High School, Bachelor/Associate, dan Master nya. *menurut google, Bachelor itu S1 atau kuliah selama 4 tahun secara umum. Kalau Associate itu sekolah selama 2 tahun, seperti akademi dsb.. (Perbedaan Bachelor dan Associate). Isinya memasukan nama sekolah, tahun masuk dan lulus, mengupload Ijazah (bagi yang sudah lulus) atau Surat keterangan siswa/mahasiswa bagi yg blum lulus, dan Transkrip nilai dari semester awal hingga semester terakhir.

5. Language detail: Di sini kalian mengisi apa bahasa asal kalian dan bahasa tambahan yang kalian bisa. Serta apakah kalian bisa bahasa turki atau tidak.

6. Work Experience: Di sini kalian memasukkan pengalaman kerja yang kalian miliki. Jika belum tidak di isi tidak apa-apa.

7. Academic Qualification: Di sini kalian memasukan sertifikat test maupun sertifikat bahasa kalian GRE, GMAT, ALES, TOEFL, IELTS dsb. Note* beberapa jurusan yang dituju membutuhkan ini, jadi jika diminta kalian wajib upload sertifikat bahasanya sesuai dengan skor yang di minta. Tapi jika tidak ada ya tidak apa-apa.. asal perhatikan baik-baik jurusan yang kalian pilih.

8. Social Activities: Di sini kalian mengisi apakah kalian mempunyai Sertifikat, Project, Award dan di upload pada kolom yang tersedia. Lalu, apakah kalian punya kegiatan sukarelawan pada kolom Voluntary Activities, dan Mengisi kalian memiliki hobby apa serta jelaskan/explain.

9. MY APPLICATION, taraaa kalian di sini tinggal klik APPLY jika memang sudah yakin pada STEP DASAR kalian. 

Nah, pada STEP APPLY kalian akan menemui beberapa step lagi nih yaitu:

Programme: Di sini kalian akan memilih program yang terbuka sesuai persyaratan kalian pada step dasar. Application condition: Untuk di sini kalian akan membaca tata cara apply nya seperti syarat umum dsb. Letter of Intent atau LOI, untuk S1 ada 3 pertanyaan dan S2, S3 ada pertanyaan ada 5.

Apa saja question-nya? Ini dia:

Untuk S1

Please explain your expectations from the higher education in Turkey and your plans for after graduation? 
Please indicate why you have chosen Turkey for higher education? 
Please indicate why you have chosen these particular departments and your knowledge about these departments?

Untuk S2 & S3

Please define the subject you plan to work on during your postgraduate studies in Turkey? 
State your knowledge on this subject, why it is significant for you, and how you will contribute to it? 
Please provide information about prominent universities and academicians working on this subject in Turkey, if any? 
Please state your plans for after completing your postgraduate studies? 
Please indicate why you have chosen these particular departments and your knowledge about these departments.
....dan masing-masing jawaban atas pertanyaan di atas adalah 250 karakter, inget karakter bukan kata. 

Lanjut yuks STEP APPLY-nya.

Reference Information: Di sini kalian bisa mengupload surat rekomendasi dan mengisi data orang yang telah memberi kalian surat rekomendasi tersebut, seperti nama perekomen, jabatan, institusi tempat beliau bernaung, nomor hp dan email beliau. Kalian bisa meminta pada beliau-beliau yang tau tentang prestasi akademik maupun non akademik kalian seperti Wali Kelas, Kepala Sekolah, Guru, Dosen, Dekan, Rektor, Pejabat, dsb.

Preferences: Di sini kalian mengisi universitas dan jurusan yang kalian inginkan, ketentuan nya di kota besar seperti Izmir, Istanbul dan Ankara maksimal 6 pilihan saja, selebihnya isi selain kota tersebut. Total ada 12 pilihan Universitas dan Juirusan yg bisa di pilih, tapi jika kurang dari 12 bisa juga kok.

Survey: Kalau di sini isinya kalian ditanya tahu dari mana info Turkiye Burslari ini, apa dari Web, Brosur dsb. Serta kalian memilih dimana kalian akan di interview apakah di Jakarta (kedutaan Turki) atau Aceh (tempat yang di tentukan panitia) lalu apa kalian pernah ke Turki, punya kenalan atau keluarga di Turki dsb.

Application Summary: Wow selamat kalian telah hampir menyelesaikan form online kalian, disini kalian akan melihat Summary dari Application kalian lho dan kalau sudah yakin Klik SUBMIT deh tp jangan lupa double check sebelum submit.
Selamat Mencoba semoga hasil yang terbaik buat semua.


Luckie Widawati
Seorang wanita berumur 22 tahun yang baru saja menyelesaikan pendidikan jenjang S1 Sastra Inggris di STBA Technocrat, Tangerang. Terlahir dari keluarga sederhana namun penuh cinta dan memiliki berjuta-juta asa.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
13 December 2016 at 12:07 delete

kak waktu jelasin pada form jawaban kenapa pilih turki? knp pilih jurusan tersebut? itu pakai b.indonesia ato b.inggris?

Reply
avatar
13 December 2016 at 16:12 delete

Inggris dong kak. Makanya diminta punya sertifikat Inggris dl. meski tidak wajib.

Reply
avatar
2 January 2017 at 05:35 delete

Kak, untuk penulisan sekolah dan alamat pakai bahasa inggris juga atau indonesia ya?

Reply
avatar
2 January 2017 at 11:15 delete

Semunya pakai bahasa Inggris kak

Reply
avatar
23 January 2017 at 15:58 delete

assalam.... saudara/i admin semoga selalu dalam keadaan sehat wal'afiat ya... sahabat, saya sekarang lagi nyoba buat Apply beasiswa ini, namun setelah saya membaca artikel ini saya temukan beberapa perbedaan yang signifikan tentang proses pendaftaran online yang suda saya coba dengan pengalaman kakak ini ceritakan.... admin, kira-kira apa mungkin saya bisa mendapatkan kontak orang-orang yang telah pernah mendaftar beasiswa YTB ini? saya benar-benar tidak ada orag yang bisa saya tanyai d sekitar saya,,,, terima kasih banyak

Reply
avatar
23 January 2017 at 19:35 delete

Salam kak, cek aja lagi. Yang standard kayak dalam artikel di atas....

Reply
avatar
2 February 2017 at 16:28 delete

apakah work experience dan academic qualification wajib diisi? kok pas saya selesai isi semua lalu ke my aplication kok tidak ada ya?

Reply
avatar
25 February 2017 at 04:51 delete

selamun aleykum, siniz nasilsiniz kardeslerim...

jika ada yang berminat untuk lanjut s1 di ytb ( yurtdisi topluklar baskanligi) bisa gabung dengan Kami . kita bikin grup untuk saling Bantu mengenai berbagai macam info...

saya juga ingin coba untuk s1 ytb tsb

iyi sanslar siniz için 😊😊😊..

for more information , you can add my accounts
fb : bang zizy alp arslan
wa : 089629542031

Reply
avatar
14 April 2017 at 18:06 delete

Salam kak, apakah ada batasan umur maksimal untuk Apply Beasiswa YTB ini?

Reply
avatar
21 May 2017 at 11:13 delete

surat rekomendasi wajib kak?

Reply
avatar
31 May 2017 at 08:50 delete

Kak mau tanya waktu itu kakak punya preatasi apa aja ya kak atau cuma mengandalkan nilai? Makasih

Reply
avatar
28 June 2017 at 08:54 delete

Kak.. apa yang menentukan diterimanya atau tidak dlm beasiswa ini?

Reply
avatar
21 July 2017 at 16:11 delete

Bgi accountnya dong kak untuk more information

Reply
avatar
21 July 2017 at 16:11 delete

Bgi accountnya dong kak untuk more information

Reply
avatar