Prosedur Pembuatan Paspor Online

09:43:00

Silakan pilih kantor imigrasi terdekat dari tempat tinggal kalian, karena tidak semua kota di Indonesia terdapat kantor Imigrasi 

[Foto +Ullih Hersandi]
Salam untuk semua sahabat TSers, pembaca setia Turkish Spirit. Tulisan kali ini akan bercerita tentang bagaimana prosedur pembuatan paspor melalui online. Pertama, tulisan ini untuk teman-teman yang kebetulan paspornya habis masa berlaku dan sedang berlibur di Indonesia, jadi tak sempat diperpanjang di KBRI Ankara. Kedua, untuk sahabat-sahabat yang dinyatakan lolos beasiswa ke Turki dan kebetulan belum mempunyai paspor.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita ulas sedikit tentang paspor. Paspor adalah dokumen resmi negara yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah. Fungsinya adalah sebagai dokumen resmi yang harus dimiliki oleh setiap warga negara yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Jadi, bagi siapapun yang akan pergi ke luar negeri diwajibkan untuk memiliki paspor.

Dalam tulisan ini akan saya jelaskan dua proses sekaligus, yaitu bagaimana prosedur membuat paspor baru dan bagaimana memperpanjang masa berlaku paspor lama. Kini, prosesnya sudah tak serumit dulu, karena pemohon bisa mengajukan pra-permohonan paspornya melalui online. Kemudahan lainnya adalah membayarnya melalui bank.

Tahap pertama saya jelaskan proses pra-permohonan yang dilakukan secara online. Silakan kunjungi laman resmi imigrasi di sini. Pada tampilan halaman utama ada 7 menu yang tersedia. Silakan pilih menu “Pra Permohonan Personal”. Setelah diklik menu tersebut akan menampilkan halaman baru dengan 5 poin di sebelah kiri yaitu entry data diri, verifikasi permohonan, proses pembayaran, konfirmasi tanggal pembayaran, dan datang ke kanim. Kelima poin ini harus dilakukan dalam kurun waktu 5 hari kerja. Jika melebihi itu data akan otomatis dihapus sistem dan uang yang telah dibayarkan di bank BNI akan hangus, serta harus mengulang kembali.
[Foto +Ullih Hersandi]
Pada poin pertama entry data diri kita akan diminta untuk memasukkan data diri juga data keluarga yang keduanya mengacu pada KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga). Jadi, kita harus berhati-hati dan teliti dalam menuliskan data diri agar tidak salah. Pada tahap ini akan ada pilihan yang membedakan antara si pembuat paspor baru dan si perpanjang paspor lama.

Silakan perhatikan pada pilihan jenis permohonan, untuk pembuat paspor baru pilih “parpor baru – biasa” sedangkan untuk perpanjang paspor pilih “penggantian – habis berlaku”. Juga perhatikan pada pilihan nomor paspor lama. Untuk pembuat paspor baru pada pilihan ini dikosongkan dan untuk yang perpanjang paspor silakan tuliskan nomor paspor lama. Lalu pada pilihan jenis paspor ada tiga macam, 1. paspor biasa 24 halaman, 2. paspor biasa 48 halaman, dan 3. paspor elektronik 48 halaman. Perbedaan ketiganya pada harga, juga untuk paspor elektronik terdapat chip yang birisi biodata dan data biometrik pemegangnya.

Jangan lupa perhatikan pula pada pilihan lokasi kantor imigrasi, silakan pilih kantor imigrasi terdekat dari tempat tinggal kalian, karena tidak semua kota di Indonesia terdapat kantor Imigrasi. Misalnya, karena kota Pekalongan tempat saya tinggal tidak terdapat kantor imigrasi, saya membuat paspor di kota terdekat yaitu Pemalang.

Setelah semua kolom terisi lengkap, klik “lanjut” yang ada di pojok bawah kanan halaman. Kita akan berlanjut ke poin dua yaitu verifikasi permohonan yang berisi informasi pemohon yang telat diinput, biaya permohonan paspor, dan informasi tanggal yang tersedia untuk foto biometric dan interview. Setelah selesai di poin kedua, silakan klik lanjut.
[Foto +Ullih Hersandi]
Poin ketiga yaitu proses pembayaran akan menampilan pemberitahuan bahwa email konfirmasi telah dikirim ke inbox email kita. Silakan login akun email dan download file lampiran pada email yang dikirim oleh pihak imigrasi. Jangan lupa print file tersebut yang kemudian akan kita gunakan sebagai pengantar pembayaran ke bank BNI. Lakukan pembayaran di Bank BNI terdekat, dengan menunjukkan lampiran yang telah di-print tadi. Pembayaran dilakukan tunai tidak perlu pakai tabungan. Harga untuk pembuatan paspor baru ataupun perpanjangan masa berlaku paspor lama sama yaitu Rp. 355.000,-  dan akan dikenakan biaya administrasi Rp. 5000,- , jadi total biaya yang harus dibayarkan Rp. 360.000,-.

Setelah membayar dan mendapatkan bukti pembayaran, simpan bukti pembayaran tersebut dan nanti akan kita bawa ke kantor imigrasi sebagai bukti bahwa kita telah melakukan pembayaran.

Mari kembali ke layar laptop kita, dan buka kembali email dari imigrasi, lalu klik link yang tersedia untuk melanjutkan proses pra-permohonannya. Link tersebut akan membawa kita otomatis melanjutkan proses menuju poin ke empat yaitu konfirmasi tanggal pembayaran. Di poin ini kita akan mendapat pemberitahuan bahwa verifikasi berhasil, dan silakan klik lanjut untuk memilih tanggal foto biometrik dan wawancara. Pilih tanggal yang sesuai waktu luang kita, karena pada proses foto biometrik dan wawancara nanti akan memakan waktu seharian jika antrian begitu padat. Saran saya jangan pilih hari senin dan jumat, karena biasanya sangat ramai. Silakan klik lanjut untuk menuju poin ke lima yaitu datang ke kanim. Pada poin kelima menampilkan informasi kedatangan ke kantor imigrasi seperti letak kantor imigrasi, tanggal foto biometrik dan wawancara. Yeaah! Mudah bukan 5 poin proses pra permohonan.

Sekarang kita akan kembali ke inbox email kita, karena di sana akan ada email kedua dari pihak kantor imigrasi yang berisi file lampiran yang harus kita print lagi. Isi file tersebut adalah tanda terima permohonan dan formulir surat perjalanan 2 halaman. Setelah di-print, catat tanggal dan jam untuk foto biometrik dan wawancara yang tertera di tanda terima permohonan agar kita tidak lupa dan telat, kemudian silakan isi surat perjalanan 2 halaman tersebut. Proses pra-permohonan telah kita sempurnakan. Selagi masih ada waktu, mari kita persiapkan apa saja dokumen yang dibawa ke kantor imigrasi ketika foto biometrik dan interview.

Berikut dokumen yang harus kita bawa:
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Fotokopi Paspor (khusus yang perpanjang paspor)
  • Tanda bukti pembayaran dari Bank BNI
  • Tanda terima permohonan (lampiran file email kedua dari imigrasi)
  • Formulir surat perjalanan 2 halaman (lampiran file email kedua dari imigrasi)
  • Surat permohonan (lembaran yang didapat setelah memberikan dokumen)
  • Materai 6000 (untuk ditempel di surat permohonan dari petugas)
  • Dokumen asli: KTP, KK, Akta kelahiran, dan Paspor lama (khusus yang perpanjang paspor)
Bagi kalian yang sudah menjadi pelajar atau mahasiswa di Turki jangan lupa fotokopi ikamet (surat izin tinggal) dan fotokopi kartu pelajar/mahasiswa. Sebelumnya tidak ada persyaratan ini, tapi karena kondisi Turki sedang kurang kondusif maka pihak imigrasi menginginkannya demi keamanan. Sedangkan bagi kalian yang baru akan berangkat ke Turki untuk kuliah, silakan fotocopy surat dari kementrian agama juga bukti bahwa kalian telah diterima di sebuah universitas di Turki, misal email dari Turkiye Burslari yang menyatakan kalian di terima di Turki juga bisa di print untuk dibawa sebagai penguat persyaratan. Untuk persyaratan yang tidak tertulis ini biasanya diminta namun bisa juga tidak diminta.
Pastikan dokumen-dokumen di atas terlengkapi minimal H-2 sebelum pergi ke kantor imigrasi untuk foto biometrik dan wawancara agar kita tidak gugup dan buru-buru. Letakkan dokumen asli di dalam tas saja karena hanya akan ditunjukkan sekilas ketika proses wawancara, sedangkan untuk dokumen nomor 1-7 letakkan di dalam map karena akan diserahkan pada petugas.

Berpakaian rapi dan sopan saat pergi ke kantor imigrasi. Gunakan pakaian selain warna putih, karena background fotonya warna putih. Bawa juga buku bacaan agar tidak bosan ketika menunggu antrian.

Yuk kita pahami prosedur ketika menyerahkan berkas, foto biometrik, dan wawancara di kantor imigrasi. Pastikan datang lebih awal karena antrian pasti akan sangat panjang. Setelah sampai di kantor imigrasi serahkan langsung map yang berisi persyaratan kepada petugas, kemudian akan diperiksa dan dikembalikan lagi ditambah map dari petugas dan satu lembar surat permohonan yang harus kita isi. Setelah terisi sempurna, satukan surat permohonan dengan dokumen lain kemudian masukan ke dalam map dari petugas. Jangan lupa beri nama map tersebut serta alamat juga nomor telfon. Serahkan map tersebut ke petugas. Silakan tunggu hingga dipanggil petugas. Setelah dipanggil petugas dan mendapatkan nomor antrian, kini kita kembali menunggu nomor antrian kita dipanggil untuk masuk ke ruang foto biometrik dan wawancara. Bersabarlah menanti antrian, gunakan waktu sebaik mungkin misalnya untuk membaca buku bacaan yang kita bawa. Setelah nomor antrian dipanggil, silakan masuk ke ruang foto biometrik dan wawancara.

Untuk perpanjang paspor proses wawancaranya tidak akan lama, sedangkan untuk paspor baru wawancaranya akan lebih mendetail tentang tujuan ke mana, untuk apa, sekolah di mana, jalur mandiri atau beasiswa, dan lain-lain. Selain foto dan wawancara, sepuluh sidik jari kita juga akan diambil. Setelah selesai semua, bukti pembayaran dari bank BNI akan dikembalikan, dan kita akan dipersilakan pulang.

Paspor akan jadi setelah 3 hari, dan harus diambil tanpa diwakilkan maksimal 1 bulan. Sebelum mengambil paspor, untuk kalian yang perpanjang masa berlaku silakan bawa materai 6000 untuk ditempel dilembar permohonan untuk membawa pulang paspor lama, karena akan lebih baik jika paspor lama dibawa pulang. Cara mengambil paspor adalah dengan meletakkan bukti pembayaran dari Bank BNI di loket pengambilan paspor. Beberapa saat setelahnya petugas akan memanggil nama kalian, dan tunjukkan KTP kalian saat mengambil paspor.

Nah, buat yang ingin meminta kembali paspor lamanya, nanti akan diberi lembaran surat permohonan untuk diisi juga ditandatangani di atas materai. Alhamdulillah selesai sudah proses pembuatan paspor baru ataupun perpanjangan masa berlaku paspor lama. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua.


Ullih Hersandi
Mahasiswa asal Pekalongan. Studi pada jurusan Ilahiyat di Ondokuz Mayıs Üniversitesi, Samsun, Turki.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »