5 Barang Wajib Masuk Koper Ketika Merantau ke Turki

01:19:00

Wajib kamu bawa sebagai obat rindu lidah Indonesia

[Sambal Teri Lado. Foto  http://www.diahdidi.com/]
Banyak kebutuhan kita yang kadang cukup sulit ditemukan di tempat baru, misalnya bagi kita warga Indonesia yang sedang merantau ke Turki. Dengan hak 30 kg untuk penumpang kelas ekonomi penerbangan Indonesia-Turki kamu harus pandai-pandai memilih barang mana saja yang akan dibawa. Khusus buat kamu calon pelajar yang akan tinggal di asrama, TS kasih bocoran barang apa aja yang harus masuk koper dan jadi “harta karun” kamu selama belajar di Turki.

Dokumen

Passport dan visa/ikamet jangan sampai ketinggalan. Wajib hukumnya membawa seluruh dokumen yang kamu perlukan untuk hidup selama di sini, terutama yang akan mendaftar kampus dan asrama. Buatlah daftar dokumen yang menjadi persyaratan kemudian masukan dalam satu map dan simpan di koper atau tas kabinmu. Jangan lupa salinannya!

Pakaian

Turki adalah negara empat musim yang juga berarti kamu akan memiliki 4 jenis persediaan pakaian. Bawalah pakaian dari Indonesia secukupnya yang mungkin bisa kamu pakai di segala jenis musim nantinya. Selebihnya kalian bisa belanja pakaian di Turki yang pastinya model, jenis dan bahannya sesuai dengan musim yang ada. Lagi pula setiap musim selalu ada toko pakaian yang memberikan diskon. Jadi, jangan khawatir engga punya baju di Turki.

Obat-obatan Pribadi

Meskipun kita memiliki asuransi kesehatan tapi menjaga diri untuk selalu sehat adalah penting. Jika terjadi tanda tidak enak badan kita bisa menanggulangi dengan meminum obat atau vitamin yang biasa kita konsumsi sebelum pergi ke dokter. Jadi bawalah obat-obatan yang biasa kamu konsumsi di Indonesia sebagai pertolongan pertama karena banyak juga obat yang diberikan di Turki kurang cocok ketika kita konsumsi. Denger-denger beberapa dosis obat juga lebih berat ketimbang dosis yang ada di Indonesia. Tetep harus jaga kesehatan ya!

Cemilan atau Makanan Kering ala Indonesia

Yang ini hukumnya wajib kamu bawa sebagai obat rindu lidah Indonesiamu. Makanan Turki yang dirasa sangat hambar bagi lidah Indonesia seringkali bikin makan tidak berselera. Kamu bisa bawa abon, kering kentang, kerupuk ikan atau makanan kering lainnya yang bisa bertahan lama. Selain itu, khusus buat pecinta manis dan pedas, jangan lupa bawa kecap manis dan juga saos sambal karena di Turki hanya tersedia saos tomat (kalaupun ada yang tulisannya “pedas” itu hanya pedasnya lidah Turki yang enggak ada rasa pedasnya sama sekali di lidah Indonesia). Karena bau terasi sangat menggangu dan kamu tidak diperbolehkan masak di asrama, jangan lupa juga bawa sambal terasi siap saji. Selain itu perkirakan sendiri jenis makanan atau bumbu siap saji apa yang jadi seleramu dan yang tahan lama ya! 

Kosmetik atau Alat Mandi 

Buat yang mau sekolah di Turki selama bertahun-tahun cobalah untuk membiasakan diri dengan brand yang ada di Turki. Awal kedatangan kamu bisa bawa kosmetik atau perlengkapan mandi yang cukup digunakan selama dua minggu sampai satu bulan. Sambil jalan-jalan ke supermarket kamu juga bisa mencoba beberapa produk Turki yang mungkin berbeda dengan brand yang biasa kamu pakai di Indonesia (meskipun ada juga beberapa brand yang sama) dan menemukan produk yang cocok kamu gunakan. Jadi enggak repot lagi harus bawa banyak sabun atau shampoo dari rumah.


Roida Hasna Afrilita
Tim redaksi Turkish Spirit, mahasiswi Jurusan Ilmu Pendidikan Bahasa Turki di Canakkale Onsekiz Mart Univeristesi. Pelajar Indonesia asal Magelang Jawa Tengah, memiliki minat pada konsep dan menejemen pendidikan. Instagram @roidanana.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »