Hutang Luar Negeri Turki

12:19:00

Data terbaru hutang luar negeri Turki berikut ini sudah menjadi berita di semua media-media besar di Turki dan sekaligus dirilis oleh lembaga resmi negara

[Sumber Foto +Milliyet]
Karena ada banyak kabar simpang siur tentang hutang luar negeri Turki, redaksi Turkish Spirit coba mencari bukti tentang hutang luar negeri mereka. Di Turki sendiri, pelunasan hutang kepada IMF masih kontroversi. Ada banyak media oposisi melihat bahwa pemerintah menyembunyikan data hutang yang sebenarnya.

Data terbaru hutang luar negeri Turki berikut ini sudah menjadi berita di semua media-media besar di Turki dan sekaligus dirilis oleh lembaga resmi negara. 

Pemerintah Turki melalui Wakil Menteri Keuangaan mengumumkan total utang luar negeri yang dimiliki Republik Turki. Wakil Menterİ Keuangan Turki pada akhir Maret lalu, seperti dilaporkan oleh media Milliyet.commengumumkan data utang luar negeri bruto dan neto dan pinjaman luar negeri dengan jaminan kas negara.

Dalam kuartal pertama tahun 2016 ini utang luar negeri bruto Turki menjadi 411,5 miliar USD dan setara dengan 58,1 % dari rasio Produk Domestik Bruto rakyat Turki (PDB adalah salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional melalui nilai keseluruhan barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada periode tertentu).

Dalam periode yang sama utang luar negeri neto Turki sebesar 257,2 miliar USD dan setara dengan 36,3 % dari rasio PDB. Selain itu, utang luar negeri dengan jaminan kas negara berjumlah 11,7 miliar USD.

Hutang luar negeri Turki yang tak kunjung terbayarkan tersebut menjadi bahan kritik media-media oposisi, karena dalam banyak kesempatan Erdoğan dan pemerintahannya selalu mempromosikan pembayaran hutang Turki. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa Erdoğan dan pemerintahannya telah berhasil memajukan perekonomian Turki dalam 10 tahun terakhir (Baca: Belajar Redenominasi dari Turki).

Dalam salah satu pertemuan pada bulan April 2013, Erdoğan saat masih menjabat Perdana Menteri Turki mengatakan “Ketika pertama kali kami duduk menjadi penguasa Turki, hutang Turki ke IMF berjumlah 23,5 miliar US dolar. Telah kami bayar berangsur-angsur dan sekarang kita memiliki hutang sekitar 400 juta US dolar. Dalam hitungan bulan, hutang Turki ke IMF akan kami lunasi total, akan segera berakhir.

Tepat pada 14 Mei 2013, menurut rilis resmi Kantor Kementerian Diplomasi Publik (lihat Başbakanlık Kamu Diplomasisi Koordinatörlüğü) dan silahkan tengok juga link video ini, pemerintah Turki sudah melunasi semua hutang kepada IMF (silahkan baca tautan sumber ini)

Meskipun hutang ke IMF sudah terbayar, seperti versi pemerintah, hutang luar negeri Turki kepada badan keuangan lain dan Bank Internasional tetap ada, dengan jumlah nominal seperti dijelaskan dalam rilis resmi di atas.

Disarikan dari berbagai sumber oleh Tim Redaksi, dibantu Teuku Ghalib Muadzan

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
20 September 2016 at 09:10 delete

Titip Min, berikut adalah komen atas tulisan ini di wall facebook saya. Buat tambahan info biar ga ilang :p

Calieda Lupindra : Ada hal menarik bang, waktu saya sholat idul fitri di Bogor, seseorang bergelar Prof. Dr. yang juga salah satu petinggi partai Islam populer (di Bogor, tebak aja 😉) dalam khutbahnya mengklaim bahwa Turki tidak punya utang luar negeri hasil dari presiden yang sangat menerapkan hukum-hukum Islam. Belum lagi klaimnya bahwa pemimpin non-muslim sukses hanyalah pencitraan (diiringi teriakan "Allahuakbar" dari jemaah). Saya geli sendiri setiap ingat 😂😂

Emma Soekarba : Habis salat idul Adha, adik-ku laporan isi khutbah yang isinya Erdoganisme dan kehebatan Turki zero utang. Padahal yang ceramah anak muda yang gak bisa ngeja alfabet bahasa Turki dan yang belum pernah nginjek tanah Turkiye seperti bung Dr. M. Syauqillah, bung Zacky Umam, bung Bernand J. Sujipto. Anggap saja hiburan :)

Ferry D. Putra : Mungkin mereka keliru menafsirkan bahwa hutang luar negeri hanyalah hutang kepada IMF.... Meski begitu, saya kira tetap perlu diapresiasi. Karena bagaimanapun, terbebas dari utang kepada IMF adalah juga prestasi.
Tinggal diluruskan saja bahwa benar utang kepada IMF adalah utang luar negeri. Tapi tidak semua utang luar negeri adalah utang kepada IMF. Utang kepada IMF hanyalah salah satu bentuk atau bagian dari utang luar negeri.

Reply
avatar