Beasiswa ke Turki? Persiapkan 5 Hal Ini!

20:57:00

Dalam mendaftar beasiswa Turkiye Burslari, banyak aspek yang harus kamu penuhi 

[Foto Turkish Scholarship Awardees 2016 . Foto @Billy Brillian]
Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kata beasiswa? Bisa jadi terbayang sekumpulan orang genius berkacamata tebal serta setumpuk buku dalam dekapan. Terlebih untuk beasiswa berkuliah di luar negeri. Agaknya hanya menjadi mimpi tidur siang bagi para remaja jaman sekarang. Begitu pula dengan saya yang semula merasa hanya mimpi belaka untuk berkuliah di luar negeri dengan beasiswa. Apakah kamu berfikir serupa? Jika ya, kita senasib! Namun kenyataanya tidak demikian. Menjadi penerima beasiswa ke luar negeri tidak harus selamanya genius dengan jutaan rumus berada di otak.

Tersebar banyak sekali info untuk beasiswa dengan kriteria berbeda pastinya. Untuk beasiswa A, bisa jadi menitikberatkan pada nilai akademik, ada pula yang melihat kemampuan bahasa, dan lainya. Khusus untuk beasiswa Turkiye Bursları, ada juga dong kriteria yang menjadi penilaian (Baca: Pengalaman Apply Beasiswa YTB 2016). Meskipun penentu kelulusan menjadi rahasia dapur pemberi beasiswa, tetap kita bisa tahu dong, apa saja yang sekiranya menjadi kriteria agar bisa lolos beasiswa.

Untuk mendaftar beasiswa ke Turki, kamu akan diminta untuk mengupload transkrip nilai, social activities (award, sertifikat, project, dan volunteer), mengisi Letter of Intent, dll. Terdapat banyak persayaratan yang nantinya harus dilengkapi. Kamu bisa melengkapi formulir lainya saat mendekati bulan pembukaan beasiswa—sekitar bulan Februari. Namun, agar bisa lolos beasiswa ada hal yang harus kamu persiapkan untuk memantaskan diri demi menjadi penerima beasiswa.

Know Your Passion

Ketika hobbi dan cita-cita berbeda, dilema terkadang tiba. Membuat diri ini bingung untuk menentukan masa depan jurusan kuliah. Aktif di sebuah konferensi dan forum nasional, kegiatan sosial, serta seni tapi hati tergerus gengsi untuk berkuliah di jurusan kedokteran? Tidak salah. Namun untuk mendaftar beasiswa ke Turki alangkah baiknya jika kita mengetahui passion kita terlebih dahulu kemudian memilih jurusan yang sesuai dengan passion kita. Peluang untuk bisa lolos di jurusan yang kamu suka akan besar jika memiliki prestasi yang sesuai passionmu.

Pilih Jurusan

Untuk berkuliah di Turki, terdapat banyak sekali jurusan yang ditawarkan. Mulai dari agama, sosial, teknik, pendidikan, seni, hingga pariwisata. Kamu bisa melihat daftar jurusan di website ini.

Persiapkan Letter of Intent

Dalam mendaftar beasiswa Turkiye Burslari, kita diminta untuk mengisi LOI (Letter of Intent) yang mana juga menjadi salah satu poin penting yang akan menjadi kriteria penerima beasiswa. Biasanya, terdapat tiga pertanyaan ampuh yang ditanyakan: rencana setelah lulus, mengapa Turki, serta mengapa memilih jurusan tersebut. Nah, tentunya kamu harus semakin mantap dengan jurusan yang kamu pilih. Kamu juga harus cari tahu banyak tentang Turki agar semakin memiliki motivasi yang besar hingga perasaan ingin berkuliah di Turki pun sudah melekat di hatimu.

Rancang Masa Depanmu

Setelah lulus, mau kerja dimana? Mungkin hal seperti itu yang selama ini menjadi prinsip mahasiswa. Sebagian besar dari mereka sudah berprinsip setelah lulus ya pasti akan mendaftar kerja. Prinsip tersebut yang harus diubah untuk merancang masa depan khususnya untuk mengisi LOI. Dalam mendaftar beasiswa, sebaiknya kita menawarkan masa depan bahwa kita akan memberikan kontribusi yang besar untuk Indonesia. Namun, sebaiknya kamu juga harus merancang masa depan yang realistis. Tidak punya ide? Lihat kegelisahan yang terjadi di sekitarmu. Kemudian apa yang bisa kamu kontribusikan. Hal tersebut bisa menjadi ide untuk merancang masa depanmu, lho!

Pantaskan Dirimu

Dalam mendaftar beasiswa Turkiye Burslari, banyak aspek yang harus kamu penuhi. Semua aspek dalam pendaftaran ini tentunya akan menjadi penilaian. Nah, misalkan pada aspek nilai kamu merasa rendah, kamu bisa mengusahakan agar unggul di aspek social activities atau LOI. Sebaiknya kamu juga memiliki kontribusi yang besar sesuai bidangmu.

Belum punya banyak prestasi dan kontribusi? Tidak perlu khawatir. Mulai bergerak, berprestasi dan berkontribusi saat ini juga. Kamu bisa memantaskan dirimu mulai dari hal hal terkecil. Berbagai kegiatan, organisasi, lomba, projek, atau bahkan volunteer bisa kamu lakukan saat ini juga. Contoh jika kamu ingin masuk jurusan jurnalistik, kamu bisa mulai memantaskan dirimu dengan bergabung klub jurnalistik, mengirim artikel ke media, atau bahkan berkegiatan sosial membangun taman bacaan masyarakat.


Tanna Briliant Dwizky
a.k.a Billy Briliant, bagian dari tim Turkish Spirit, mahasiswa jurusan Jurnalistik di Ege University, Izmir. Memiliki passion di bidang sosial, literasi, pemuda, dan pariwisata. Ia sudah menulis lebih dari 13 Buku fiksi anak dan remaja serta kerap diundang menjadi pembicara dalam berbagai workshop menulis. Kepo? Bisa langsung follow Instagram: @billybriliant.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

12 comments

Write comments
6 October 2016 at 07:53 delete

bener banget, setuju deh sama TS!!!

Reply
avatar
6 October 2016 at 11:42 delete

Makasih, Kakak. Salam semangat selalu

Reply
avatar
6 October 2016 at 16:35 delete

Luar biasa. Minta doanya semoga dimudahkan langkah nya.

Reply
avatar
6 October 2016 at 19:24 delete

Amien kakak.... doa yang terbaik selalu.. tetap semangat joss ya

Reply
avatar
25 October 2016 at 12:16 delete

bismillah, tahun 2019 di terima s2 di Turkey (bilknet university) amiiiiinnnn...

Reply
avatar
2 November 2016 at 12:41 delete

Ka mau tanya nih! bahasa pengantar ketika tomer itu pake bahasa inggris/ turki. Dan dikelas internasional atau gimana???

Thanks'«

Reply
avatar
6 November 2016 at 11:02 delete

Okis.. lebih tepatnya bahasa tomer itu 90% turkish dan sisanya bahasa inggris. İtupun cuma nyebut beberapa kata doang, misal artinya apel, kursi, dll. Tenang, selain bahasa turki juga bahasa tubuh kok. Jadi ga terlalu susah

Reply
avatar
17 May 2017 at 10:58 delete

Kak, saya dilema nih.
Saya lulusan diploma 3 jurusan Teknik Informatika. Saya memang suka dengan dunia IT, namun karena saya bekerja nya di dunia yg sama sekali tidak bersentuhan dengan IT (read : programming)saya kerjanya di Redaksi Surat Kabar daerah saya. Saya jd bingung kalo nanti ada kesemptan study abroad, ngambilnya apa nih...?

Mohon pencerahannya Kak :(

Reply
avatar
27 August 2017 at 11:34 delete

kalo bisa di bandigin kk..penerima beasiswa burslary berapa banding berapa kk? 1 banding 5 ada gk kk?

Reply
avatar
22 September 2017 at 19:22 delete

kak,,saya skrang bru kelas 2 sma ,, cari formulir /pembimbing cara nya gmna yaa,,?

Reply
avatar