Cinta Negara Adalah Bagian dari Iman

22:51:00

Vatan sevgisi imandandır

[Foto: Mohammad Iqbal Satria Nusantara]
Ketika menunggu di halte bus depan kampus, ada sebuah bus melintas dan bertuliskan "Vatan Sevgisi İmandandır" yang artinya adalah "cinta negara adalah bagian dari iman". Di Turki tak heran melihat tulisan seperti ini, karena memang jiwa nasionalisme dan spirit bela negara mereka sangat tinggi. Terbukti dari peristiwa kudeta 15 Juli yang lalu di mana rakyat turun ke jalan untuk mempertahankan negaranya, berbagai kalangan rakyat turun jalan demi menunjukkan rasa patriotismenya. Dan pelaku kudeta yang tertuduh dianggap tidak patriotis dan mengkhianati negara.

Menarik ketika melihat yang terjadi di İndonesia malah sebaliknya. Boro-boro ada tulisan seperti di atas, yang banyak adalah goro-goro dan grasak-grusuk semboyan menghina NKRİ sekaligus mengharamkannya. Maka dari sini mari mulai berpikir jernih, tidak baik menyalahkan negara atau organisasi yang tidak sepaham. Kritiklah oknumnya, jangan selahkan negaranya atau rasnya, karena yang seperti itu jauh sekali dari kata Islam. 


Mohammad Iqbal Satria Nusantara
Mahasiswa Master pada Jurusan Islamic Law di Maramara University, Istanbul Turki. Pria optimis dan traveler ini berasal dari Padang yang lahir dan besar di Jakarta. Bisa dihubngi via Facebook.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »