10 Hal yang Wajib Dilakukan di Istanbul

14:25:00

I dare you not to finish it.... I double dare you not to finish it

[Masjid Sultan Ahmet. Foto sultanahmetcamii.org]
Siapa yang tidak kenal kota Istanbul? Kota cantik di Turki ini terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Eropa. Istanbul sendiri menyimpan pernak-pernik sejarah panjang bahkan jauh sebelum Byzantium hingga Kesultanan Usmani seperti biasa kita kenal. Nah, bagi yang ingin berlibur ke Istanbul, catatan dan saran-saran saya berikut bisa dipertimbangkan supaya liburan kamu makin berasa a la Turka! Dijamin deh kamu gak bakalan nyesel.

Tur Bersejarah Dolmabahce-Sultanahmet

Istana Dolmabahce
[Foto pinterest.com]
Istana Dolmabahçe adalah satu tempat yang wajib dikunjungi pagi-pagi untuk menghindari antrian turis yang panjang, kapan lagi masuk tempat tinggal Sultan yang setiap langit-langitnya dilapisi emas sekitar 14 ton! Ditambah lagi kamu akan terpana dengan arsitektur istana yang bergaya campuran Barat dan Timur. Cakep deh!

Pesona Megahnya Masjid Biru

Kamu wajib masuk ke Blue Mosque untuk melihat keindahan masjid yang dilengkapi dengan dekorasi nuansa biru tersebut.

Hagia Sophia, Bangunan Suci untuk Dua Agama
[Foto thousandwonders.net]
Bangunan ini dulunya gereja lalu ketika Fatih Sultan Mehmet menaklukkan Istanbul berubah fungsi menjadi masjid. Sekarang Hagia Sophia beroperasi sebagai museum.

Kejayaan Kesultanan Turki, Istana Topkapı
[Foto miketravelguide.com]
Salah satu alasan untuk ke Istana Topkapı adalah kamu bisa melihat langsung benda-benda peninggalan para Nabi dan juga hadiah-hadiah yang diberikan khusus kepada Sultan. Penasaran kan?

Tur Menyebrangi Selat Bosphorus
[Foto anatoliatravelshop.com]
Dari sini kamu akan melihat dua sisi Istanbul, Asia dan Eropa. Kapal akan berangkat sesuai jadwal, jadi akan lebih baik kalo kamu check jadwal keberangkatannya. Saran nih, karena angin yang kencang di kapal, lebih baik kalo kamu sedia jaket.

Belanja Oleh-Oleh di Grand Bazaar
[Foto Shanda Sofyan]
Oleh-oleh? Ya pasti di sini tempatnya! Kamu bisa menghabiskan waktumu seharian di sini tanpa kamu sadari. Pilihan oleh-oleh di Grand Bazaar pun sangat beragam mulai dari gantungan kunci, piring-piring dengan motif cantik khas Turki, karpet sampai jaket kulit. Pokoknya yang suka belanja wajib ke sini deh, tapi jangan lupa nawar ya!

Naik Tram di Taksim
[Foto anotherheader.files.wordpress.com]
Taksim adalah salah satu pusat keramaian yang paling hits di Istanbul. Jalan sepanjang 1.4 km ini dihiasi berbagai butik, galeri kesenian, toko musik, kafe dan masih banyak lagi. Kamu juga wajib naik tram di sini! Tram yang sudah ada sejak 1956 ini akan membawa kamu bernostalgia dengan dekorasinya yang klasik abis.

Minum Teh Turki
[Foto instagram.com]
Kalian akan kaget melihat gelas teh turki yang kecil mungil dibandingkan gelas teh kita di Indonesia. Tapi jangan salah, penduduk Turki itu mengonsumsi teh paling banyak di dunia loh!

Sarapan A la Turka
[Foto s-media-cache-ak0.pinimg.com]
‘I dare you not to finish it.. I double dare you not to finish it..’ said a Turkish mom  J 
Menjajal Cemilan Pinggir Jalan

Simit, poğaça, permen bersejarah dari jaman Ottoman, roti ikan, es krim Turki (dondurma), kestane, jus buah delima, ayran dan masih banyak lagi. Semuanya harus kamu coba!

Berburu Kacang Pistachio dan Turkish Delight di Spice Bazaar

Kacang pistachio terenak cuma dari Turki! Jangan lupa mampir ke Spice Bazaar kalo kamu penggemar berat kacang-kacangan dan Turkish delight. Bagian depan Spice Bazaar diperuntukkan khusus Turis, semakin kamu jalan ke belakang kamu akan menemukan toko-toko yang memenuhi kebutuhan penduduk lokal. Kalau kamu senang dengan perlengkapan rumah tangga berbau Turki kamu bisa berburu di bagian belakang bazaar.

Menikmati Sunset dari atas Galata Tower
[Foto twitter.com]
Dari atas sini kamu bisa melihat seluruh kota Istanbul 360 derajat. Jangan lupa ya kalau kamu mau berburu sunset, harus datang 1-2 jam sebelum sunset karena antriannya yang panjang banget.

Menutup Hari dengan Secangkir Kopi Turki dan Penganan Manis yang Bikin Nagih, Baklava
[Foto Shanda Sofyan]
Seperti kata pribahasa Turki, di segelas kopi terdapat kenangan selama 40 tahun, yang artinya kopi dianggap sebagai pembuka percakapan di dalam masyarakat, baik antara teman ataupun orang yang belum dikenal. Yuk, minum kopi Turki di Istanbul siapa tahu nemu jodoh J 


Shanda Sofyan
A girl from Jakarta, Indonesia currently living in Istanbul, Turkey. Love to travel and eat. Also has huge interest in photography, home decoration, fashion and healthy lifestyle. Instagram : shandasofyan. Personal blog: shandasofyan.com.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »