Pertanggungjawaban Solidaritas "Spirit untuk Bima"

22:37:00

Jumlah terakhir menurut data yang dilaporkan oleh panitia Spirit untuk Bima adalah sebesar 1.711.70 Turkish Lira, atau 6.386.321 Rupiah

[Serah Terima dari Perwakilan PCINU Turki kepada Didid Haryadi. Foto @Panitai]
Seperti diturunkan sebelumnya oleh website Turkish Spirit tentang banjir bandang yang melanda sejumlah kecamatan di kota Bima, Nusa tenggara Barat, pada hari Rabu (21 /12/2016), lalu ditambah banjir susulan pada hari Jumat (23 /12/2016), warga negara Indonesia yang berada di Turki melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban banjir tersebut.

Penggalangan dana ini dilakukan atas inisiatif dari PCINU (Pengurus cabang Istimewa Nahdatul Ulama) Turki dan PCIM (Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah) Turki serta didukung oleh Turkish Spirit dan ITRC (Indonesia Turkey Research Community). Seperti dilansir dalam berita Spirit untuk Bima.

Penulis pun segera memberi kabar kepada ibu-ibu yang tergabung dalam Majlis Taklim Annisa Istanbul, di bawah pimpinan Ibu Raeny Damayanti, tentang adanya donasi untuk Bima, dan disambut oleh ibu-ibu pengajian dengan antusias.

Pada hari Rabu (28/12/2016), Majlis Taklim Annisa Istanbul mengadakan acara pengajian rutin yang kali itu diadakan di Restoran Warung Nusantara, satu-satunya restoran Indonesia di Istanbul yang dimiliki oleh salah satu anggota pengajian, yaitu Ibu Meily Özdemir.
[Majlis Taklim Annisa Istanbul. Foto @MT.Annisa]
Pengumpulan dana dari jemaah pengajian ditambah dari uang kas pengajian terkumpul sebesar 909 TL dan 100 USD. Dana yang terkumpul tersebut kemudian diserahkan oleh Ibu Raeny Damayanti kepada penulis, yang selanjutnya penulis serahkan kepada Didid Haryadi sebagai representasi panitia Spirit untuk Bima untuk banjir bandang Bima.

Terbukti bahwa kecintaan dan kepedulian ibu-ibu pengajian kepada saudara-saudaranya di tanah air tidak terkikis oleh jarak ribuan kilometer.

Di samping bantuan di atas, para pelajar Indonesia di Turki juga ikut menggalang dana dan berbagi dengan menyisihkan uang saku mereka demi membantu saudara sebangsa dan setanah air yang tengah dilanda musibah di Kota Bima. Program penggalangan dana ini berlangsung selama 12 hari hingga ditutup pada 4 Januari 2017.
[Data Transaksi Transfer. Foto @Panitia]
Setelah direkapitulasi dan dikonversi ke Turkish Lira dan lalu ke dalam Rupiah, jumlah terakhir menurut data yang dilaporkan oleh panitia Spirit untuk Bima adalah sebesar 1.711.70 Turkish Lira, atau 6.386.321 Rupiah.

Selanjutnya sumbangan tersebut telah disalurkan melalui Babuju Care, sebuah komunitas setempat yang bergerak menggalang bantuan dan relawan di tempat musibah. Proses penyaluran dana bantuan langsung pada hari penutupan program Spirit untuk Bima, yaitu 4 Januari, ditransfer dari Istanbul.

Semoga amal baik para donatur dibalas oleh Yang Maha Kuasa dengan berlipat ganda, dan semoga yang ditimpa musibah bisa teringankan bebannya untuk memulai hidup baru pasca bencana (LiaER/ts).

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »