Ringkasan Live TeaTalk: Kupas Habis Beasiswa Turki

15:50:00

Pengalaman sebelumnya, sertakan saja nilai raport sampai paling akhir

[Dokumen Turkish Spirit
Sebagai rangkaian acara Satu Tahun Turkish Spirit dengan tagline 1th AnniverTSary, Menghadirkan Turki Lebih Seru, acara perdana berlangsung pada Sabtu, 28 Januari 2017 dengan topik Live TeaTalk: Kupas Habis Beasiswa Turki. Acara ini dikomandoi oleh Didid Haryadi, Roida Hasna Afrilita dan Hadza Min Fadhli R (tim dari Turkish Spirit) dengan dibantu oleh mahasiswa Indonesia di Turki seperti Shah Firizqy, mahasiswa Teknik Mesin di Selcuk University. Acara yang live via Hangout, Instagram dan Youtube tersebut diikuti dengan sangat meriah oleh pelajar-pelajar di tanah air yang tertarik dengan beasiswa Turki. lebih dari 90 participan ikut dalam TeaTalk via Hangout.

Karena banyak permintaan dari peserta yang tidak sempat ikut penuh, berikut adalah dokumentasi dan trankrip acara tersebut. Kami meringkas Live TeaTalk ke dalam bentuk Questions Answers berikut ini:

Bagaimana perjuangan selama kuliah di Turki?
Perjalanan selama kuliah di Turki tentunya penuh tantangan, kita harus siap berjuang lebih keras dari pada biasanya. Kendala bahasa adalah salah satu kendala yang paling mencolok. Ketika kuliah kita harus bisa memahami dan menjelaskan matakuliah dengan Bahasa Turki. Sementara kita hanya belajar Bahasa Turki selama 1 tahun di TOMER dan itu jauh dari kata cukup untuk bisa menjadi bekal selama kuliah berbahasa Turki di sini. Jadi selesai TOMER pun kita harus tetap belajar Bahasa Turki sendiri.

Apakah ada persyaratan tertentu dari YTB untuk mempertahankan beasiswa kita?
Ada batas IPK minimal yang harus dipenuhi oleh awardee YTB sebagai syarat mutlak yang diberlakukan oleh pemerintah Turki. Kalau tidak sampai target akan dipotong mulai dari 25%, 50% sampai dihentikan total.

Untuk sesi pendaftaran S2 apakah ijazah SMA juga dicantumkan?
Iya dicantumkan.

Bagaimana dengan sertifikat-sertifikat yang kita punya, apakah harus diterjemahkan semua?
Kalau punya sertifikat apapun lebih baik dimasukkan saja dan tidak perlu diterjemahkan baik ke dalam Bahasa Inggris maupun bahasa Turki.

Apakah untuk pendaftar S2 harus memiliki kenalan professor atau dosen di Turki?
Akan lebih baik kalau kalian punya kenalan professor atau dosen di kampus Turki. Dari situ bisa langsung membicarakan topik pebelitian dan bisa diskusi. Tapi ingat, itu bukan syarat wajib. Kalian yang mau studi postgraduate di Turki dan tidak kenal dengan professor atau dosen tidak masalah. Yang terpenting dan paling bagus adalah jika kalian pernah melakukan kerjasama untuk riset atau penelitian tertentu, mungkin juga pernah menulis bersama untuk suatu jurnal bersama profesor atau dosen di manapun. Itu justru yang lebih bagus dan sangat mungkin menjadi faktor kalian lolos.

Apakah ada kesempatan untuk ikut pertukaran pelajar ke Eropa?
Ada. Untuk mahasiswa S1 sampai S3 jika kampusnya memiliki kerjasama dengan Erasmus kita bisa mengikuti proses seleksi untuk pertukaran pelajar Erasmus+. Cukup banyak mahasiswa Indonesia yang ikut.

Kalau kita pernah mendapatkan beasiswa lain, apakah perlu dicantumkan?
Kalau di dalam aplikasi tidak ada kolom khusus untuk membahas itu tapi kalian bisa masukkan di bagian pengalaman kalian kalau dipanggil wawancara bisa kalian jelaskan lebih lanjut tentang beasiswa yang pernah didapatkan. Kalau beasiswanya adalah untuk kuliah selevel Turkiye Burslari ini dan kalian menolak beasiswa tersebut, siap-siap untuk membuat alasan kenapa kamu lebih memilih YTB daripada beasiswa dari institusi/negara lain.

Alam pemilihan jurusan dan universitas kita dibolehkan untuk memilih jurusan dan universitas yang kita mau. Nah, gimana klo kita pilih dua jurusan yang berbeda. Dan untuk esai yang menanyakan alasan memilih jurusan tersebut apakah harus dijelaskan memilih kedua jurusan tersebut atau hanya menjelaskan pilihan yang paling diprioritaskan?
Silahkan pilih jurusan bebas. Khususnya ini untuk yang daftar S1. Banyak kok yang kasus seperti itu, pilih Jurnalistik tapi masuknya di Bisnis Administrasi misalnya. Esainya ya lebih fokus ke jurusan yang kalian suka.

Kak kiranya untuk Hubungan Internasional di Turki bagusnya di mana yaa?
Hubungan Internasional di Turki yang bagus silahkan cek kampus berikut: METU – Bogazici Univ – Koc Univ –Sabanci Univ – Bilkent Univ – Ankara Univ - Istanbul Univ - Istanbul Bilgi Univ – Kadir Has Univ. Sudah banyak anak Indonesia yangg ambil HI. Syarat untuk masuk HI: usahakan punya TOEFL atau IELTS yang bagus. Kalau bisa ada GRE dan SAT.

Yang ambil Manajemen Bisnis ada belum? Di univ mana? Harus linear-kah?
Manajemen Bisnis di mana-mana ada, tidak musti linear. Tapi harus ikut program persiapan selama setahun untuk matrikulasi materi bagi yang  tidak linear. Diharapkan linear supaya tidak perlu ikut matrikulasi setahun.

Menurut pengalaman kakak saat interview, kakak ditanya apa saja?
Interview beasiswa studi standar di mana-mana, seperti ditanya motivasi dan kenapa memilih Turki, dan visi kamu ke depan, apa yang akan kamu lakukan setelah studi, dll.

Bagaimana dengan jurusan Pendidikan Sosiologi?
Turki untuk S2 tidak populer istilah "Pendidikan Sosiologi". Masukknya langsung Institute Ilmu Sosial.

Untuk jurusan STUDI ISLAM di mana yang bagus?
Jurusan keagamaa (Fakultas Ilahiyat) yang bagus antara lain:
Ankara Univ – Istanbul Univ – Necmatin Erbakan Univ – 29 Mayiz Univ – Uludag Univ

Surat rekomendasi biasanya dari siapa? Saya masih sma
Surat rekom minta ke Kepada Sekolah, satu lagi ke orang yang berposisi bagus yang tahu kamu dengan baik. Misalnya kalau kamu mau jurusan jurnalistik, minta rekom satu lagi ke Redaktur Koran atau lembaga terkait. Untuk Master dan Doctoral, surat rekomentasi sangat strategis. Itu juga sebagai penguat aplikasi kita. Semakit kuat surat rekomnya semakin bagus. Misalnya dari supervisor atau peneliti-peneliti dan intelektual.

Apakah dokumen harus diterjemahkan ke dalam bahasa Turki?
Sebenarnya bagus kalau diterjemah semua setidaknya dalam bahasa Inggris. Tapi, yang paling penting bahasa Inggris dulu untuk submit aplikasi awal (khususnya dokumen resmi seperti ijazah dan transkrip). Yang lain tidak diterjemah tidak masalah. Kalau lolos seleksi nanti di Turki bisa terjemah dokumen apa saja yang dibutuhkan oleh kampus-kampus Turki.

Untuk anak SMA, kalau belum ujian dan belum ada keterangan lulus bagaimana?
Pengalaman sebelumnya, sertakan saja nilai raport sampai paling akhir.

Pesan TS: Silahkan dibaca dulu artikel-artikel kami tentang beasiswa dan studi di Turki di link Rubrik Studi. Semoga diberikan jalan yang terbaik buat kita.


Ditranskrip oleh @bjeben @roidanana @dididharyadi

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

15 comments

Write comments
29 January 2017 at 15:52 delete This comment has been removed by the author.
avatar
29 January 2017 at 15:54 delete

mantaff , maju terus Turkish Spirits!! :D

Reply
avatar
29 January 2017 at 17:59 delete

kak ceritakan dong untuk masala batas maksimal umur

saya kelahiran mei 1996 apakah bisa ?

Reply
avatar
29 January 2017 at 21:14 delete

Assalaamu'alaikum.
Dalam aplikasi beasiswa YTB ada bagian "academic Qualification" yang mana disana ada semacam pengakuan Internasional seperti GRE, GMAT, SAT and ALES... Nah, itu wajib kita isikah atau kalau ada saja?

Reply
avatar
30 January 2017 at 00:22 delete

Kak aku ketinggalan ikut live talk nya, kapan2 adain lagi dong hehehe

Reply
avatar
1 February 2017 at 17:20 delete

soal umur setiap tahun berubah kak. cek silahkan di website resmi YTB

Reply
avatar
1 February 2017 at 17:21 delete

aleykum selam

kl punya isi kl ga ya ga usah kak. kl emang kampus yg km pilih mnegharuskan nolai-nilai tersebut, ya silahkan ikut ujiannya.

Reply
avatar
11 March 2017 at 15:41 delete

Assalamualaikum,
Saya mau tanya, kalau untuk dokumen seperti rapot/ijazah itu perlu diterjemahkan ke bahasa Inggris atau tidak?
Lalu, surat rekomendasi dari kepala sekolah apakah diperlukan?
Terimakasih.

Reply
avatar
27 March 2017 at 04:14 delete

Surat rekomendasi sangat perlu dan bahkan wajib. Ijazah harus juga diterjemahkan ke bahasa inggris

Reply
avatar
20 July 2017 at 12:26 delete

Assalamu alaikum, saya lulus s1 akhir tahun inSome time ago, you registered on RUSSIA.STUDY website. We hope that you are still interested in getting higher education in Russia and the topic is still important for you.

RUSSIA.STUDY helps thousands of young people from all over the world to obtain qualitative higher education in the leading Russian universities. We also assist in preparing and executing properly all the documents necessary for entry and stay in the Russian Federation.

Obtaining a voluntary health insurance (VHI) policy is one of the issues that require attention of all those who are going to study in Russia.

Why does it matter?
VHI insurance policy is necessary for receiving full medical care in public hospitals and polyclinics during your training. According to Russian laws, foreigners are provided with free emergency medical care only in situations of extreme urgency.

Besides, since 2016 in the absence of a health insurance policy, you risk receiving a denial of entry into the country when crossing the Russian border. You may face the same troubles, if the health insurance is overdue when you return to your university after a vacation at home.

How to avoid troubles
The most reliable way is to issue a VHI policy in advance, until you arrive to Russia. This will allow you to avoid the emergence of insurance problems on the border and will enable you to choose the most convenient option for you on favorable terms.

How to take out an insurance policy in advance
To simplify the receipt of qualitative health insurance for students coming to Russia for training, RUSSIA.STUDY offers the opportunity to issue a VHI policy on the website. We have selected several insurance programs with different amount of medical services and attractive prices specifically for our users. The proposed policies operate throughout Russia.

If your health insurance expires soon, you may also be interested in the proposed insurance terms from our partners, which are leading Russian insurance companies.ini dan ingin lanjut s2 di turki fokus di ilmu sosial, tapi saya tdk tahu kampus/fakultas yang pas untuk ilmu sosial. Dan saya sudah punya akun turki scholarship di webnya, disana saya harus masukkan alamat dan sebagainya nah apakah saya harus menulis alamt saya pakai bahasa ingris.
Mohon bantuannya..wassalam

Reply
avatar
20 July 2017 at 12:31 delete

Maaf itu salah paste maaf.

Assalamu alaikum. Saya rencana lanjut s2 bidang sosial di turki, kampus apa yang paling tepat, dan apakah kita harus punya wawsan tentang turki agar bisa lolos.
Mohon bantuannya.

Reply
avatar
25 July 2017 at 07:17 delete

Selam.
Mohon petunjuk untuk pembuatan akun (pengisian daftar) beasiswa YTBnya dimana ya ka ? Mimpi untuk lanjutkan studi S2-S3 di Turki. Mohon penjelasan ka. Jazakallah

Reply
avatar
19 November 2017 at 17:08 delete

Kalo ga punya sertifikat toefl ielts berpengaruh ga kak?

Reply
avatar