Ekspansi Roti Rakyat Istanbul

14:49:00

Roti adalah makanan yang sangat lekat dengan konsumsi masyarakat Turki

[Salah satu gerai roti milik İHE]
Sebagai kota terbesar di Turki dengan populasi penduduk yang mencapai 14,7 juta jiwa (per Desember 2016), Istanbul selalu menghadirkan hal-hal yang menarik. Wisata sejarah dan budaya merupakan aspek yang sangat utama dan mudah ditemui di tanah bekas Kesultanan Usmani ini. Selain wisata tersebut, pemerintah kota Istanbul juga memberikan kemudahan dan subsidi kepada masyarakatnya, salah satunya adalah roti yang dikenal dengan nama halk ekmek. Roti adalah konsumsi utama masyarakat Turki. Meskipun demikian, ada juga jenis makanan lain seperti nasi ataupun masakan lokal yang umumnya terbuat dari tepung gandum.

Pada Februari 2017 lalu, perusahaan roti milik pemerintah, İstanbul Halk Ekmek (İHE) merilis telah membuka sebanyak 564 büfe (kios/gerai) di seluruh sudut kota dan pelosok İstanbul. Dalam tagline “Sağlıklı Ekmek, İstanbul Halk Ekmek 564 Büfe ile Hizmetinizde!” (Roti sehat, IHE melayani dengan 564 gerai), pemerintah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan terjangkau untuk para konsumennya. Halk Ekmek juga tersedia di seluruh kota besar di Turki. Pemerintah daerah masing-masing menyediakan gerai dan pelayanan penjualan roti dengan harga rata-rata separuh lebih murah dari harga roti produksi umum.

Sebagai informasi, ada banyak gerai yang juga menjual roti. Dan rata-rata adalah milik perorangan ataupun perusahaan swasta.

Sebagai perusahaan yang telah berdiri sejak Februari 1971, İHE kini semakin dekat dan melayani konsumsi roti di İstanbul. Dengan tiga pabrik yang ada di wilayah Edirnekapı, Cebeci, dan Cevizli, gerai İHE kini mudah ditemui di beberapa wilayah dan sekitar permukiman warga. Juga dalam varian dan olahan yang beragam. 

*İstanbul Halk Ekmek : 


Didit Haryadi
Pimpinan Redaksi Turkish Spirit. Mahasiswa master program Sosiologi di Istanbul University. Person In Charge untuk Indonesia Turkey Research Community (ITRC) di Istanbul.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »