Formula One akan Kembali Hadir di Turki

09:22:00

Agustus 2005 sebanyak 20 pembalap menjajal Sirkuit Intercity Istanbul Park

[Lintasan Formula One di Istanbul. Foto: https://tr.pinterest.com/pin/6333255698221005/]
Pada Selasa (10/4) Pemerintah Turki melalui Presiden Recep Tayyip Erdoğan telah melakukan pertemuan dengan direktur utama Formula One, Chase Carey di Ankara. Dalam acara yang berlangsung di Istana Kepresidenan, Ankara tersebut turut hadir juga Menteri Olahraga Turki Akif Çağtay Kılıç dan Ali Vural Ak sebagai direktur sirkuit Istanbul Park pada tahun 2005-2011.

Menurut beberapa informasi yang dihimpun oleh media di Turki, dalam pertemuan tersebut belum ada penandatanganan kesepakatan. Akan tetapi, semua hal telah siap dan hanya menunggu waktu untuk melakukannya.

“Kami telah melakukan pembicaraan. Hanya menunggu kesepakatan dan penandatangan. Turki akan segera kembali menjadi tuan rumah untuk Formula One di Istanbul,” ujar Ali Vural Ak.

Tahun sebelumnya Turki pernah menjadi tuan rumah ajang bergengsi Formula One. Pada 21 Agustus 2005 sebanyak 20 pembalap menjajal Sirkuit Intercity Istanbul Park yang berlokasi 30 mil dari pusat kota. Lokasi sirkuit ini berada di sisi Asia Kota Istanbul. Kurang lebih sepuluh ribu penonton memadati momen bersejarah tersebut untuk menyaksikan secara langsung aksi pembalap kelas dunia seperti Kimmi Raikkonen yang saat itu bergabung dengan tim McLaren’s. Pada saat itu hadir juga adalah petinju legendaries Mike Tyson sebagai tamu di tribun penonton.

Namun sejak 2012, Formula One tidak mencantumkan negara Turki dalam jadwal kalender kejuaraannya. Setelah pembicaraan ulang antara kedua belah pihak di atas, pecinta Formula One bisa berharap hadirnya kompetisi tersebut di Istanbul dalam waktu mendatang (didit/ts).
  

Sumber: Dailysabah

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »