Galeri dan Museum Seni Terbaik di Istanbul

18:54:00

.....dengan kesadaran seni postmodern atau avant-garde

[Modern Istanbul Mesum. Foto: http://1tb.iksv.org/venues/istanbul-modern/]
Istanbul adalah salah satu kota tua di Eropa yang menyimpan banyak karya seni. Di antara kota-kota di Turki yang secara langsung bersentuhan dengan kemajuan dan kesadaran ilmu pengetahuan dan kesenian, Istanbul menjadi kota yang terdepan di Turki. Bagi Anda yang mencintai seni, jangan lewatkan 10 museum terbaik bisa dikunjungi di Istanbul berikut ini.

Istanbul Modern

Istanbul Modern adalah galeri seni di sebuah gudang besar di tepi Bosphorus, salah satu galeri seni paling menonjol dari galeri kontemporer Istanbul. Di sini pula dihelat acara-acara kesenian internasional dan Biennale. Ada pameran permanen yang menyajikan sejarah seni Turki modern kepada para pengunjung. Galeri ini terletak di Meclis-i Mebusan Caddesi. Liman İşletmeleri, Sahasi Antrepo 4, Karaköy, +90 212 334 7300, www.istanbulmodern.org. Anda bisa masuk dengan uang tiket sekitar TL14 (£ 5).

Galeri Manâ
[Mana Galeri. Foto: http://www.cornucopia.net]
Ini galeri tergolong baru. Dibangun tahun 2011 oleh kurator terkenal Turki-Amerika Suzanne Egeran. Nama Manâ berasal dari bahasa Turki untuk "makna", dengan mempromisikan integrasi ide seni konseptual dari Turki dan pekerja internasional. Acara pengukuhan galeri ini menampilkan seni ide (idea-led art) yang diprakarsai langsung oleh Sol LeWitt dan Robin Rhode. Pada acara pembukaan, Galeri Manâ menampilkan pameran karya seniman peraih-banyak penghargaan asal Berlin Nasan Tur dengan serangkaian karya fotografi berupa gerakan tangan bertopik politik. Galeri ini berlokasi di Jalan Ali Pasha Değgirm Thani 16-18, +90 212 243 6666, www.galerimana.com. Tiket gratis.

Garasi Istanbul

Terkenal dengan nama garajstanbul, terselip di antara jalan curam dan berundak di belakang Beyoglu. Garasi adalah contoh dari kinerja seni ruang kontemporer untuk seni non-profit seni. Pernag mengadakan festival seni pertunjukan tentang diktator dan korupsi, yang menyerukan "permainan politik". Tempat ini disokong oleh keramaian Taksim dengan bar dan klub malam sehingga membuat orang mudah dikunjungi. Di samping itu, ada galersi kesenian ini diramaikan oleh acara-acara kompetisi seni dan konser dari band-band indie. Garasi Istanbul terletak di Kaymakam Reşat Bey Sokak 11, +90 212 244 4499, alamat websitenya www.garajistanbul.org. Harga tiket tergantung acara pertunjukan.

Rodeo

Rodeo dianggap salah satu ruang seni yang paling menarik di Istanbul, menampilkan seni berkualitas tinggi dan berkelas internasional, dengan kesadaran seni postmodern atau avant-garde. Kurator Sylvia Kouvali awalnya mewakili seniman dari Turki, Yunani dan Siprus sebelum pindah ke acara yang lebih regional dan kemudian terkenal di tingkat internasional. Di sini Anda akan menemukan segala instalasi asli terdiri dari puluhan warna air dengan re-kontekstualiasi yang super, potongan siap pakai yang diambil dari buku-buku lama dan album foto. Galesi ini seperti ini memberikan ruang yang fantastik bagi pertunjukan multidisiplin dan kesenian mutakhir, seperti seniman Cevdet Erek yang pernah menampilkan potongan-potongan karpet tergantung di dinding. Anda bisa masuk dengan gratis. Radeo bertempat di Lüleci Hendek Caddesi 12, Tophane, +90 212 293 5800, kunjungi www.rodeo-gallery.com.

Galerist

Galerist diklaim sebagai representasi eskotik Istanbul dengan meringkas kota tua tersebut ke dalam sebuah lanskap galeri seni, bertempat di Misir Aparmani, konsep bangunan abad ke-19 dengan desain indah di Beyoğlu. Galeri ini istimewa tidak hanya karena dipenuhi 360 bar dan klub di lantai atas tapi sekaligus menjadi salah satu galeri terbaik di kota Istanbul. Selama satu dekade terakhir, Galerist telah menyelenggarakan proyek fotografi oleh desainer Hüseyin Caglayan dan seniman lukis hiper-realistis Taner Ceylan. Anda mungkin tidak butuh berpikir ruwet di sini untuk menikmati keelokan karya seni di Istanbul, tapi secara umum Anda akan berdecak kagum, istimewa dan... keren! Galeri ini berlokasi di Misir Aparmani 163/4, Istiklal Caddesi, Beyoğlu, +90 212 244 8230, www.galerist.com.tr dengan tiket masuk gratis.

Arter

Galeri Arter mempunyai subjudul sederhana tapi komprehensif: "Ruang untuk Seni." Setelah melakukan banyak pameran karya seni, galeri yang bertempat di distrik paling sibuk di Istanbul Istiklal Caddesi itu dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai platform yang cerdas untuk seni Turki. Meskipun besar, terang dan remang, Galeri Arter diatur seperti studio dari sebuah museum dan mendorong produksi pameran spesifik, seperti sebuah pertunjukan instalasi yang pernah dilakukan Deniz Gül dengan menghadirkan peti mati dan lemari. Sebagai wajah dari sebuah yayasan budaya yang besar didukung oleh salah satu kelompok bisnis terbesar Turki, Arter mempunyai koneksi internasional yang kuat, termasuk galeri kembarnya, bernama Tanas, di Berlin. Galeri ini terletak di Istiklal Caddesi, Beyoğlu, +90 212 243 3767, www.arter.org.tr. Tiket mask gratis.

Galeri Nev

Terletak di lantai atas Galeri Galerist, sebuah galeri dengan konsep yang berbeda bernama Galeri Nev, didirikan di Ankara pada tahun 1980. Galeri ini ingin menggabungkan seni baru Turki dengan volume sejarah seni dan catalog seni Turki. Galeri ini terletak di Maçka Caddesi 33, B Maçka, +90 212 231 6763; Istiklal Caddesi 163, Misir Apartment 5th Floor, Beyoğlu, +90 212 252 1525, www.galerinevistanbul.com, dengan tiket masuk gratis.

Museum Pera

Ini sebuah gedung museum yang lengkap dengan ruang galeri. Anda yang menyukai seni dan berkunjung ke Istanbul, museum ini adalah spot yang tak boleh dilewati. Koleksi utama sebenarnya adalah lukisan-lukisan dengan karakter oriental dan barang-barang tua-berat seperti ubin Ottoman. Namun demikian, penyuka seni modern juga perlu menikmati karya-karya seniman terkemuka seperti Picasso, Botero dan Chagal. Anda bisa menikmati pertunjukan dari atas ke bawah, dengan lantai cerah, putih, dan ruang museum yang dipoles indah-artistik. Di samping itu ada pemutaran rutin film-film asing klasik. Pera terletak sekitar sepelemparan batu dari salah satu hotel tua-terkenal bernama Pera Palace Hotel di Istanbul. Pera Museum beralamat di Mesrutiyet Caddesi 65, 34443 Tepebasi, Beyoğlu, +90 212 334 9900, kunjungi juga www.peramuzesi.org.tr, dengan biaya masuk sekitar TL12 atau £ 3,50.

Santral Istanbul

Terletak di lingkungan yang lebih hijau daripada Tophane dan lebih damai daripada Beyoğlu, galeri Santral Istanbul ini surga yang terletak di Golden Horn. Kurator menyatukan pameran sebagai pelajaran eklektik internasional, dari arsitektur Jerman ke desain Italia dan dari seni kontemporer Kolombia, dengan fokus sesekali untuk mata pelajaran tentang elektrik yang diajarkan di Bilgi University, yang menempati sebagian besar pembangkit listrik yang dikonversi sejak era Ottoman. Di siang hari, blok baja dan kaca berbentuk kubus yang membentuk ruang galeri yang gelap dan memaksakan dari luar, tetapi pada malam hari, ketika diterangi, mereka seperti hadir untuk hidup. Santral Istanbul terletak di Eski Silahtarağa Elektrik Santrali, Kazim Karabekir Caddesi 2, Eyüp, +90 212 311 7878, www.santralistanbul.org dengan tiket masuk sekitar TL12  atau £ 3,50.

Yapi Kredi Kültür Merkezi
[Pameran di Yapi Kredi. Foto http://www.narsanat.com/]

Yapi Kredi bukan hanya terkenal sebagai penerbit buku berkelas dan bank di Turki, mereka juga mempunayi pusat seni dan budaya yang sangat elegan. Sebenarnya ada beberapa perusahaan holdings lainnya di Turki dengan mempunyai cabang khusus di bidang kesenian. Lebih mengejutkan lagi adalah bahwa pameran di sini, meskipun penuh dengan desain eklektik, tetap sangat mengesankan. Galeri seni dua kamar tersebut biasanya menyajikan keseimbangan bagi seni arkeologi (teks-berat dan pendidikan), seni fotografi dan seni kontemporer. Galeri ini terletak di Istiklal Caddesi 161, Beyoğlu, +90 212 252 4700, www.ykykultur.com.tr dengan biaya masuk gratis.

(@_bje/bjeben)

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »